Polhut Agam Raya Tangkap Truk Pembawa 7 Kubik Kayu Olahan 


Senin, 06 April 2020 - 19:53:54 WIB
Polhut Agam Raya Tangkap Truk Pembawa 7 Kubik Kayu Olahan  Wakapolres Bukittinggi Kompol Sumintak bersama Kepala UPTD KPHL Agam Raya Afiwirman melihat barang bukti kayu olahan yang tidak sesuai dengan dokumen di Mapolres Bukittinggi, Senin (6/4). YURSIL.

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Satu unit truk Cold Diesel BA 8893 KU ditangkap Polisi Kehutanan UPTD KPHL Agam Raya, ketika membongkar kayu olahan di salah satu toko bangunan di Baso, Kab. Agam, Senin (6/4), sekitar pukul 08.45 WIB.

Truk yang dikemudikan NM (32), Warga Kab. Sijunjung bersama seorang keneknya ditangkap Polisi Kehutanan dengan barang bukti 7 kubik kayu olahan campuran. Diduga kayu yang dibawa tersebut tidak sesuai dengan dokumen.

Baca Juga : Dilaporkan ke Polisi, Ketua Koperasi Sawit Datuk Nan Sembilan Bantah Langgar Aturan

Kepala UPTD KPHL Agam Raya, Afiwirman mengatakan, penangkapan truk itu berawal dari anggota Polisi Kehutanan sedang melakukan patroli rutin.

"Ketika berpatroli, anggota kita melihat satu unit truk yang sedang membongkar kayu di salah satu toko bangunan di Baso. Setelah kita cek ternyata kayu yang dibawanya tidak sama dengan dokumen yang dipegangnya," kata Afiwirman kepada Haluan di Mapolres Bukittinggi, Senin (6/4) siang.

Baca Juga : Lima Pelajar SD di Tanah Datar Dihantam Bus, Empat Diantaranya Meninggal

Ia menjelaskan, kayu yang dibawa merupakan kayu campuran yang diolah oleh industri, seharusnya kayu itu dilengkapi dengan SKSAH yang diterbitkan oleh penerbit secara online namun nyatanya hanya dokumen Nota Angkutan sehingga hal itu tidak sesuai dengan aturan.

"Pelaku dijerat dengan Undang-Undang No 18 tahun 2013 tentang pencegahan, pemberantasan dan kerusakan hutan serta pelanggaran Menteri lingkungan hidup dan kehutanan tentang pengangkutan budidaya dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp5 miliar," ungkapnya.

Baca Juga : Dinyatakan Tanpa Korban Jiwa, Kecelakaan Maut Sitinjau Lauik Renggut Nyawa Warga Dharmasraya

Sementara itu, Wakapolres Bukittinggi Kompol Sumintak membenarkan telah mengamankan satu unit truk membawa kayu olahan bersama sopir dan keneknya.

"Truk dan sopirnya telah kita amankan untuk dimintai keterangan agar lebih jelas hubungi Kasat Reskrim," tutupnya.(*)

Baca Juga : Kasus Persetubuhan Anak Marak di Kota Duri

Reporter : Yursil | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]