Update Corona di Sawahlunto: Sudah 26 Orang Lepas Status ODP, PDP 0 dan 981 Notifikasi


Senin, 06 April 2020 - 20:30:37 WIB
Update Corona di Sawahlunto: Sudah 26 Orang Lepas Status ODP, PDP 0 dan 981 Notifikasi Walikota Sawahlunto Deri Asta saat meninjau Posko Covid 19 di perbatasan kota dan turun langsung mengecek suhu tubuh warga yang melintas. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM  - Sebanyak 26 orang dalam pemantauan (ODP) di Sawahlunto dinyatakan selesai pemantauannya. Adapun proses pemantauan setelah 14 hari isolasi dan tidak menunjukkan gejala coronavirus. Adapun data dari posko tanggap covid - 19 Sawahlunto, Senin 6 April 2020 pukul 12.00 WIB didapat, ODP sebanyak 33, PDP tidak ada dan 981 berstatus notifikasi.

"Meski telah keluar dari status ODP, warga tersebut masih harus tetap melakukan karantina di rumah masing-masing, tidak boleh berkeliaran sampai wabah pandemi ini dinyatakan berakhir," kata petugas surveilen posko tanggap Covid Sawahlunto, Sriwareski Ismal kepada Haluan, Senin (6/4).

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

Sri yang juga Kasi P2 Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto itu sangat apresiasi warga yang melaporkan diri setelah melakukan perjalanan atau berasal dari luar daerah dan melakukan pemeriksaan diri serta mau mengisolasi diri secara mandiri. Pemko mewajibkan kepada warga yang kembali  dari daerah luar Sawahlunto untuk segera melaporkan diri dan memeriksakan kesehatan ke Puskesmas terdekat atau ke Posko Siaga Covid Sawahlunto. 

"Ini penting demi melindungi kesehatan pribadi dari wabah covid sehingga kesehatan keluarga dan lingkungan juga terlindungi," tuturnya.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

Terkait penanganan Covid 19 di Kota Sawahlunto, Walikota Deri Asta menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras serta dedikasi seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan di pandemi ini. 

"Apresiasi ini saya sampaikan kepada petugas yang mulai dari tingkat primer di komunitas, yakni Puskesmas, Posko Covid di PSC Sungai Durian, posko pelayanan di perbatasan Muarokalaban dan Talawi, serta dipelayanan kompeherensif tingkat lanjut di RSUD Sawahlunto," ujar walikota.

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

Walikota Deri Asta senantiasa berharap semuanya masih bersama, bahu membahu, tetap semangat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa mengabaikan protokol kesehatan yang ada.

Di kesempatan yang sama, Dandim 0320/SS, Letkol. Inf. Dwi Putranto saat menyambangi Posko tanggap Covid di Sungai Durian Sawahlunto, sangat mengapresiasi semua pihak terutama para petugas medis dan juga satuan gugus tugas Covid yang terus berjuang untuk meredam ataupun mencegah penyebaran virus Covid - 19.

Baca Juga : Pasa Pabukoan Masjid Tablighiyah Garegeh, Bangkitkan Gairah Ekonomi Masyarakat

"Perjuangan yang tidak pernah lelah dan takut yang terus dilakukan oleh paramedis dan petugas gugus tugas yang ada pantaslah diacungi jempol, sebab sebagai garda terdepan, mereka tidak mengenal lelah dan takut menghadapi bencana Corona di tengah keterbatasan pelindung diri yang ada," tuturnya.(*)

Reporter : Riki Yuherman | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]