Ojol Tuntut Hal Ini Dipenuhi di Tengah Wabah Corona


Senin, 06 April 2020 - 20:46:45 WIB
Ojol Tuntut Hal Ini Dipenuhi di Tengah Wabah Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) layanan ojek online (ojol) dilarang mengangkut penumpang. Mereka hanya diperbolehkan mengambil layanan angkutan barang. Lalu apa tanggapan driver ojol?

Ketua Presidium Gabungan Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono tidak menolak kebijakan tersebut. Namun pihaknya meminta pemerintah untuk memperhatikan para driver ojol yang pendapatannya sudah hilang semenjak diterapkannya physical distancing.

Baca Juga : Sudah 8 Dekade, OCBC NISP Lanjutkan Komitmen untuk Literasi Keuangan

"Untuk menyikapi pembatasan dari Permenkes yang terbit kemarin bahwa ojol tidak boleh bawa penumpang, ya kita minta pemerintah perhatikan ojol juga," tuturnya kepada detikcom, Senin (6/4/2020).

Sebelum ada pembatasan itu pun, menurut Igun rata-rata pendapatan ojol belakangan ini sudah turun 50-80%. Penurunan pendapatan itu tentu membuat mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok keluarganya.

Baca Juga : Sehari Jelang Ramadhan, Distributor Pangan Juga Kena Sidak Satgas

"Ini sudah sangat tidak bisa mencukupi kebutuhan pokok kami sehari-hari. Walaupun ada kenaikan di layanan antar makanan tapi tidak signifikan kenaikannya hanya 10% saja," tambahnya.

Berdasarkan hal itu, Garda meminta beberapa hal dari pemerintah selama PSBB dilakukan. Pertama mereka minta adanya kompensasi untuk driver ojol berupa bantuan langsung tunai (BLT) maupun bantuan pokok untuk menutupi kebutuhan pokok sehari-hari.

Baca Juga : Serai Wangi Padang Pariaman Tembus Pasar Timur Tengah dan Eropa

Mereka juga meminta pemerintah memberikan layanan kesehatan bagi para driver ojol. Misalnya pengecekan Covid-19 bagi para driver ojol.

"Karena kami yang masih terus beraktivitas di jalan dan paling berisiko terpapar juga," tutupnya.(*)

Baca Juga : Aduh, Harga Sembako Merangkak Naik Sehari Jelang Ramadhan

Editor : NOVA | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]