Denda Rp8,9 Juta Menanti jika Tak Jaga Jarak


Senin, 06 April 2020 - 20:50:43 WIB
Denda Rp8,9 Juta Menanti jika Tak Jaga Jarak Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Jerman memberlakukan aturan denda sebesar 500 euro bagi warga yang melanggar aturan untuk menjaga jarak (social distancing) di tengah pandemi virus corona. Aturan tersebut berlaku mulai Jumat (3/4) untuk menekan penyebaran Covid-19.

Kanselir Jerman Angela Merkel memerintahkan warga untuk tetap tinggal di rumah dan tidak beraktivitas keluar, kecuali untuk alasan tertentu seperti berbelanja bahan makanan, berolahraga, atau keperluan tindakan medis.

Baca Juga : Penembakan di New York Tewaskan Bayi, Pria 23 Tahun Ditangkap

Mengutip AFP, selain diharuskan menjaga jarak minimal 1,5 meter, warga juga dilarang melakukan pertemuan lebih dari dua orang.

Aturan serupa juga diumumkan oleh 16 negara negara bagian di Jerman. Nominal denda yang harus dibayarkan oleh pelanggar jumlahnya berbeda-beda tergantung pada aturan pemerintah daerah setempat.

Baca Juga : Netanyahu Terkejut, Tentara Israel Bakar Diri karena Trauma Perang

Pusat bisnis Hesse dan Rhine-Westphalia Utara menerapkan denda sebesar 200 euro atau sekitar Rp3,5 juta bagi orang yang nekat melakukan pertemuan lebih dari dua orang.

Sementara Bavaria, negara bagian terbesar di Jerman memberlakukan denda sebesar 150 euro bagi warga yang tidak menjaga jarak aman. Bavaria merupakan salah satu daerah dengan jumlah infeksi corona terparah di Jerman dengan lebih dari 18 ribu kasus.

Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Saudi Wajibkan Vaksinasi Covid-19 untuk Jamaah Dua Masjid Suci

Sejauh ini polisi Jerman telah melaporkan berbagai pelanggaran aturan aman di tengah pandemi corona.

Imbasnya, antrean warga yang berdiri berjauhan di apotek dan supermarket kini menjadi pemandangan yang lazim ditemui di Jerman. Pengelola supermarket, bank, apotek, dan rumah sakit juga telah menempelkan stiker untuk menandai jarak aman bagi orang berdiri.

Baca Juga : Bertemu AS, Netanyahu Sebut Pemerintah Iran Sebagai Rezim Fanatik

Hingga saat ini, Worldometers mencatat ada 100.123 kasus terkonfirmasi virus corona di Jerman.

Sekitar 1.584 orang dilaporkan meninggal dunia dan 3.936 lainnya dalam kondisi kritis. Sementara itu 28.700 pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19.(*)

Editor : NOVA | Sumber : cnnindonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]