Dua Pasien Positif Corona di RSAM Bukittinggi Sembuh, Warga Bukittinggi dan Tanah Datar


Senin, 06 April 2020 - 21:30:32 WIB
Dua Pasien Positif Corona di RSAM Bukittinggi Sembuh, Warga Bukittinggi dan Tanah Datar Ilustrasi

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Satu orang lagi pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM ) Kota Bukittinggi, dinyatakan sembuh, Senin (6/4) sore. Pasien yang sembuh itu merupakan warga Kota Bukittinggi.

Sebelumnya, Senin (6/4) pagi, diinformasikan satu pasien RSAM juga telah dinyatakan sembuh, yaitu pasien berinisial ITD (40), perempuan, warga Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Ia dirawat di RSUD Achmad Mochtar mulai 20 Maret lalu.  

“Alhamdulillah, dari tiga orang warga Bukittinggi yang sedang menjalani perawatan di RSAM karana positif Covid-19, satu diantaranya  sudah dinyatakan sembuh.  Hal ini diketahui berdasarkan hasil tes pemeriksaan swab yang dikeluarkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang,” ujar Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, ketika memberikan keterangan kepada wartawan,  di Kantor Satpol PP Kota Bukittinggi, Senin (6/4) sore.

Sebelumnya, kata Ramlan, pasien yang dinyatakan sembuh itu telah menjalani tiga kali pemeriksaan swab. Dari hasil pemeriksaan pertama, hasilnya positif sehingga yang  bersangkutan langsung diisolasi. Setelah beberapa hari menjalani perawatan di ruang isolasi RSAM, kembali dilakukan pemeriksaan ke dua, dan hasilnya negatif.

Meski hasil pemeriksaan ke dua ini negatif, namun yang bersangkutan masih diisolasi untuk diambil hasil swab yang ketiga. “Alhamdulilllah  pada  Minggu (5/4) malam, hasil swab yang ketiga keluar, dan hasilnya  juga negatif, sehingga yang bersangkutan dinyatakan sembuh,” sebut  Ramlan.

Dalam beberapa hari ke depan, ungkap Ramlan, pasien yang telah dinyatakan sembuh itu sudah diperbolehkan pulang. Namun demikian, pasien yang bersangkutan tetap disarankan untuk tetap beristirahat di rumah dan menjalani karantina mandiri untuk beberapa hari ke depan.

“Sebelumnya ada 3 orang pasien warga Bukittinggi yang menjalani perawatan karna positif Covid-19. Dari tiga pasien itu, satu diantaranya dinyatakan sembuh, dan dua pasien lainnya masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSAM,” terang Ramlan.

Ia menambahakan, sebelumnya ada 7 orang pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSAM. Dari 7 orang itu, dua pasien diantaranya dinyatakan telah sembuh, yakni 1 orang pasien dari Tanah Datar, dan 1 orang  pasien dari Kota Bukittinggi. Dengan demikian dua pasien positif Corona yang dirawat di RSAM Bukittinggi dinyatakan sembuh.

“Untuk 5 orang pasien lagi, hingga saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSAM. Secara umum, semuanya dalam kondisi membaik, dan akan terus dipantau perkembangan kesehatannya,” tukas Ramlan. (*)

Reporter : Gatot /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]