THR dan Gaji ke-13 PNS Terancam Tak Cair Karena Corona


Senin, 06 April 2020 - 23:17:52 WIB
THR dan Gaji ke-13 PNS Terancam Tak Cair Karena Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku pemerintah masih mengkaji kebijakan pencairan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Sri Mulyani bilang pemerintah memprioritaskan alokasi anggaran untuk penanggulangan virus corona.

"Kami bersama Presiden meminta kajian untuk pembayaran THR dan gaji ke 13 apakah perlu dipertimbangkan lagi mengingat beban negara meningkat," kata Sri Mulyani saat raker bersama Komisi XI DPR secara virtual, Jakarta, Senin (6/4/2020).

"Dengan penerimaan turun 10 persen, di sisi belanja kami alami tekanan. Langkah-ini masih dan sedang dilakukan, sidang kabinet akan lakukan langkah lain seperti tambahan bansos atau hemat belanja," lanjutnya.

Sri Mulyani menyampaikan, outlook pendapatan negara sebesar Rp 1.760,9 triliun dari target APBN 2020 sebesar Rp 2.233,2 triliun. Sedangkan dari sisi belanja negara, dia bilang mengalami kenaikan menjadi Rp 2.613,8 triliun dari APBN sebesar Rp 2.540,4 triliun.

Dengan outlook pendapatan dan belanja negara tersebut, Sri Mulyani menyebut berdampak pada defisit atau tekor APBN menjadi Rp 853 triliun atau 5,07% dari PDB. Angka defisit naik drastis dari yang sebelumnya hanya sebesar Rp 307,2 triliun atau 1,76% dari PDB

Kepastian pembayaran THR dan gaji ke-13 maupun penanggulangan COVID-19 akan terus disampaikan pemerintah kepada DPR.

"Kami sampaikan assessment dan prediksi, ini adalah outlook, basisnya skenario yang kita lihat berdasarkan asumsi yang kita kembangkan," ungkap dia.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:40:21 WIB

    Jeritan Hati Perawat, Berharap THR Segera Dibayarkan

    Jeritan Hati Perawat, Berharap THR Segera Dibayarkan HARIANHALUAN.COM -- Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) berharap ada tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri untuk para perawat. Sebab THR adalah hak perawat..
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 18:43:36 WIB

    Lusa Sudah Cair! Ini Hitungan Pembayaran THR untuk PNS, TNI dan Polri

    Lusa Sudah Cair! Ini Hitungan Pembayaran THR untuk PNS, TNI dan Polri Pemerintah memastikan tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS) serta anggota TNI dan Polri akan diberikan sesuai jadwal pada Lebaran tahun ini. Pencairan THR untuk para abdi negara ini tertuang dalam Peratur.
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 06:21:52 WIB

    Pencairan THR PNS Daerah Bakal Telat, Alasannya Karena Ini

    Pencairan THR PNS Daerah Bakal Telat, Alasannya Karena Ini Regulasi tentang Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah terbit. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2020 tentang Pemberian THR 2020.
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 22:16:40 WIB

    Beda THR yang akan Diterima PNS Tahun Ini dan Tahun Sebelumnya

    Beda THR yang akan Diterima PNS Tahun Ini dan Tahun Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan memberikan tunjangan kinerja pada pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS, TNI, Anggota Kepolisian pada tahun ini. Ini menjadi pembeda komponen THR tahun ini dan sebelumnya..
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 19:54:09 WIB

    Pegawai Non PNS Juga Dapat THR, Berikut Rinciannya

    Pegawai Non PNS Juga Dapat THR, Berikut Rinciannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hanya memberi Tunjangan Hari Raya (THR) kepada PNS, TNI, dan Anggota Polri jelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran tahun ini, namun juga kepada pegawai berstatus Non-PNS. Khususnya bagi No.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]