DPRD Sawahlunto Sepakat Anggaran Perjalanan Dinas untuk Penanganan Corona


Selasa, 07 April 2020 - 09:44:02 WIB
DPRD Sawahlunto Sepakat Anggaran Perjalanan Dinas untuk Penanganan Corona Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Eka Wahyu saat menyerahkan masker, hand sanitizer, jas plastik kepada petugas medis. Foto: RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto sepakat untuk merealokasikan dana perjalanan dinas sebesar Rp1 miliar untuk penanganan pandemi wabah corona virus atau Covid-19. Untuk tekhnis dan eksekusi diserahkan kepada pihak Setwan dan Pemerintah Kota Sawahlunto.

Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu mengatakan, pergeseran anggaran perjalanan dinas untuk penanganan Covid 19 itu sesuai dengan hasil rapat pimpinan DPRD dan Ketua dari fraksi-fraksi yang ada pada 30 Maret 2020.

"Kami sepakat, anggaran Rp1 miliar perjalanan dinas dipergunakan untuk penanganan Covid-19 di Sawahlunto," ujar Eka.

Eka mengatakan, ini merupakan bentuk respon DPRD Sawahlunto yang sangat peduli dan serius dalam penanganan dan mendukung langkah pemerintah dan seluruh pihak memerangi penularan virus Covid - 19. DPRD lanjutnya, melihat kebutuhan anggaran tersebut sudah sangat mendesak dan tidak ada alasan untuk tidak mengalokasikannya.

"Ini baru tahap awal, perjalanan dinas kita digeser untuk penanganan Covid-19. Kita lihat perkembangan pandemi Corona ini, jika masih berlanjut maka akan kembali digeser sebesar Rp1 miliar lagi untuk tahap selanjutnya," tuturnya.

Selain perjalanan dinas lanjut Eka, berbagai kegiatan dan agenda pembahasan yang sudah direncanakan di tri wulan I dan II juga mengalami perubahan jadwal. Hal ini katanya, menyesuaikan dengan kondisi dan situasi saat ini dan juga berdasarkan surat Mentri Dalam Negeri 24 Maret 2029 tentang perpanjangan waktu penuerahan LKPj serta surat Mendagri 17 Maret 2020 tentang pencegahan Corona.

"Kelanjutan proses pembahasan enam Ranperda yang sudah masuk tahapan jadwal sidang paripurna dan pembahasan LKPj kepala daerah tahun anggaran 2019, harus dirubah jadwalnya. Dan kita sudah kirim surat ke Pemda agar ada formula atau tekhnis pembahasan yang tepat dan sesuai dengan himbauan pencegahan penyebaran virus Covid - 19, salah satu opsi yang mungkin bisa disepakati, yakni dengan teleconference atau vidio conference," tuturnya. (*)

Reporter : Riki Yuherman | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]