Hey Bunda! Ini Bedanya Baking Soda, Baking Powder dan Baking Powder Double Acting


Selasa, 07 April 2020 - 10:40:59 WIB
Hey Bunda! Ini Bedanya Baking Soda, Baking Powder dan Baking Powder Double Acting Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pernah merasa bingung membedakan baking soda, soda kue, baking powder, dan baking powder double acting? Semua bahan tersebut merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan kue dan berbagai masakan lainnya.

Bentuk dan fungsinya yang hampir sama membuat sebagian orang merasa kebingungan, bahkan ada yang tidak tahu sama sekali tentang baking soda, baking powder maupun baking powder double acting. Sayang banget khan, akibat ketidaktahuan tersebut membuat kue/masakan yang dibuat jadi gagal dan tidak sesuai harapan.

Untuk itu, disini kita akan membagikan informasi tentang beda baking soda, baking powder maupun baking powder double acting. Apa sajakah itu? Langsung simak informasinya berikut :

Baking soda

Merupakan bahan pengembang juga yang didalamnya terdapat beberapa kandungan, diantaranya : Natrium Bikarbonat, Sodium Asam Pirofosfat, dan bahan pengemulsi. Baking soda umumnya digunakan untuk membuat kue dengan adonan yang mengandung tambahan bahan asam sehingga rasa yang dihasilnya tidak ada pahitnya. Diantara bahan yang bersifat asam, antara lain : yogurt, cuka, air jeruk lemon, buttermilk, madu. Tanpa adanya tambahan yang bersifat asam tersebut, adonan tidak akan bisa mengembang. Merk baking soda di pasaran, antara lain : koepoe-koepoe, R&W, Alco, dan lainnya.

Soda kue

Soda kue merupakan sebutan lain dari baking soda.  Jadi jangan ditanyakan lagi apa fungsinya karena diatas kita sudah menjelaskannya.

Baking Powder

Merupakan bahan pengembang yang kandungannya adalah 100% Natrium Bikarbonat dan biasa digunakan untuk membuat roti/kue sebelum dikukus atau dipanggang. Baking powder umumnya digunakan untuk bahan pengembang kue yang adonannya tidak ada tambahan bahan asam sehingga kue yang dihasilkan bersifat netral.  Baking powder ini cocok dipakai untuk teman-teman yang sudah ahli membuat kue dan sudah paham step by stepnya. Tapi untuk yang baru belajar, atau untuk jualan yang kadang adonan tidak langsung dicetak tapi nunggu pelanggan, sangatlah tidak cocok karena hasilnya bakal bantat kalau adonan didiamkan dalam waktu lama. Merk baking powder antara lain : koepoe koepoe, Alco, Alpina, R&W, dan lainnya.

Baking powder double acting (BPDA)

Baking powder double action merupakan bahan pengembang yang mampu melepaskan gelembung zat CO2 ketika adonan masih dalam kondisi basah maupun saat dipanaskan. Jadi fungsinya sama dengan baking powder, hanya saja yang double acting ini, proses pelepasan gelembung ada dua kali ya, sehingga bahan ini snagat cocok untuk teman-teman yang masih belajar membuat Kue. Jadi jangan khawatir kue tidak mengembang/bantat ya, karena bahan ini sangat cocok untuk pemula yang lagi belajar membuat kue. Bahkan untuk yang berjualan kue, seperti kue pukis/martabak mini yang langsung dimasak juga cocok menggunakan bahan ini, karena adonannya tetap mengembang dan bagus meski didiamkan lama ya.. Merk baking powder double acting : Hercoles, Royal, Crescent dan lainnya.

Sudah jelas khan? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua ya. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]