Lawan Corona, Kapolres Pasaman Bagikan Masker M-95 untuk Para Dokter


Selasa, 07 April 2020 - 10:46:57 WIB
Lawan Corona, Kapolres Pasaman Bagikan Masker M-95 untuk Para Dokter Salah seorang personel korps Polisi Wanita (Polwan) jajaran Polres Pasaman, tampak memberikan masker jenis M-95 kepada Direktur RSUD Lubuksikaping secara simbolis disaksikan Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya dan Kasat Sabhara Polres Pasaman, AKP Yoni Handra. Foto dok Humas Polres Pasaman

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman, Sumatera Barat, membagikan masker jenis M-95 bagi seluruh dokter dan petugas piket yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping, Selasa (7/4/2020).

"Kegiatan ini masih lanjutan dari giat Operasi Aman Nusa II oleh jajaran Polres Pasaman, guna membantu menjaga semangat dan etos kerja paramedis yang bertugas di rumah sakit ini," kata Kapolres setempat, AKBP Hendri Yahya, di sela-sela kegiatan aksi bagi masker yang melibatkan personel korps polisi wanita (Polwan) daerah itu.

Ia mengatakan, minimnya sarana prasara pelindung diri dalam menghadapi situasi siaga penyebaran virus Covid-19 seperti yang dialami petugas medis di berbagai daerah, harus menjadi perhatian serius semua pihak.

Karena, sebagai garda terdepan dalam menghadapi virus pandemi dunia yang mematikan itu, tim medis tentu membutuhkan lebih dari sekadar masker konvensional dan cairan antiseptik serta disinfektan.

"Jika ada yang terjangkit virus tersebut, paramedis menjadi satu-satunya orang yang paling dekat dan paling berada disamping pasien sehingga risiko tertular sangat terbuka lebar jika alat pelindung diri tidak lengkap dan memenuhi standar operasional tindakan medis," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ia kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjalankan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 harus dilaksanakan dengan kesadaran tinggi secara bersama-sama, hingga saat ini cara yang paling ampuh dalam mencegah sebarannya adalah dengan tetap menjalankan protokol jaga jarak atau physical distancing serta selalu menerapkan pola hidup bersih," imbaunya.

Sementara itu, Direktur RSUD Lubuksikaping, dr Yong Mazuhaili, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas aksi nyata kepedulian seperti yang telah dilakukan oleh jajaran Polres Pasaman itu.

"Pucuk dicinta ulam pun tiba, begitulah gambaran pribadi kami terkait keluhuran niat kapolres beserta jajarannya ini, mengingat !asih dibutuhkannya kelengkapan alat pelindung diri bagi seluruh tim medis yang bertugas," ucapnya.

Ia berharap aksi kepedulian seperti yang diperlihatkan institusi kepolisian itu bisa menjadi pemicu motivasi bagi seluruh para medis dan tim medis yang untuk tetap semangat menjalankan misi kemanusiaan dalam memerangi penyebaran virus Covid-19 di daerah itu.

Sebelumnya, Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman, Sumatera Barat, AKBP Hendri Yahya, meninjau kesiapsiagaan petugas posko penanganan Covid-19 yang berada dikawasan pintu gerbang perbatasan provinsi itu dengan Provinsi Sumatera Utara dan gerbang selatan yang merupakan pintu masuk dari wilayah provinsi Riau, Kamis (2/4/2020).

"Kegiatan masih terkait pelaksanaan Operasi Aman Nusa II guna menekan risiko penularan virus Covid-19 atau Corona, yang terbawa masuk seiring adanya gerakan perpindahan orang dan barang dari luar wilayah hukum Polres Pasaman," jelasnya di sela-sela tinjauannya di kawasan Muaro Cubadak, Kecamatan Rao. (*)

Reporter : Rully | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]