Cegah Penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Nagari Padang Bintungan Semprot Fasum dan Rumah Warga


Selasa, 07 April 2020 - 12:50:15 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Nagari Padang Bintungan Semprot Fasum dan Rumah Warga Anggota DPRD Padang Pariaman, Syafrinaldi memasangkan masker kepada Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatribur di Padang Bintungan, Padang Pariaman, Selasa (7/4). YUHENDRA

PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Guna pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) Gugus Tugas pencegahan covid-19 Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris Padang Pariaman lakukan penyemprotan disefektan ke fasilitas umum dan rumah masyarakat.

Penyemprotan ini diapresiasi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatribur dan anggota DPRD Padang Pariaman Syafrinaldi yang datang langsung ke lokasi penyemprotan disenfektan itu.

"Kita apresiasi langkah yang dilakulan oleh satgas pencegahan covid 19 Padang Bintuangan, yang terdisi dari petugas kesehatan, pihak Nagari, TNI dan Polri, secara bersama perang terhadap wabah covid ini," kata Suhatribur di Padang Bintuangan, Selasa (7/4).

Wakil Bupati juga meminta kepada petugas yang melakukan penyemprotan terdap rumah warga ini untuk melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat agar tetap berada dirumah, serta membudayakan pola hidup sehat.

"Tidak kaluar rumah, dan mengosumsi makan yang bergizi sehingga imun tubuh kita meningkat. Karena dengan imun yang baik maka virus ini tidak bisa berkembang ditubuh kita," kata Suhatribur.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat tidak panik dan cemas. Karena dengan terlalu cemas ini maka imun tubuh akan menurun. Untuk itu jangan terlalu cemas dengan wabah ini, dengan menjaga kesehatan dan tetap dirumah.

"Jika memang ada merasa gejala cepat beritahukan pada puskesmas terdekat," ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Padang Pariaman, Syafrinaldi mengatakan penyemprotan ini salah satu cara untuk pencehanan covid 19, ia meminta jika ada perantu yang pulang kampung agar melakukan isolasi mandiri sesuai dengan anjuran dari pemerintah.

"Kita minta para perantau yang pulang kampung untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, kita bukannya melarang para perantau yang baru pulang untuk tidak bergaul dengan masyarakat. Namun kita hanya untuk menjaga agar wabah ini tidak berdampak di Padang Pariaman ini," kata Syafrinaldi Anggota DPRD dari fraksi PKB itu.

Pada kesempatan itu, Syafrinaldi juga membagikan masker kepada masyarakat di lokasi penyemprotan itu. Karena saat masyarakat yang ke luar rumah itu harus menggunakan masker, serta selalu mencuci tangan.

"Jika memang harus ke luar rumah kita anjurkan untuk menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir," ujarnya.

Wali Nagari Padang Bintungan, Azri mengatakan penyemprotan dilakukan pada rumah-rumah masyarakat yang ada di nagari Padang Bintungan ini, dilakukan oleh satgas covid dan juga masyarakat di Padang Bintuangan.

"Kita juga mengimbau masyarakat yang beru pulang kampung untuk isolasi dan tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, sebagaimana imbauan dari pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman," ujarnya.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Nan Sabaris besera wali nagari se-Kecamatan Nan Sabaris, Kapolses Nan Sabaris beserta jajaran, TNI dan masyarakat lainya. (h/hen)

 

 

Reporter : Yuhendra /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]