Kreatif! APD Langka, TNI di Tanjungpura Ini Bikin Face Shield dari Tali Kolor


Selasa, 07 April 2020 - 14:09:37 WIB
Kreatif! APD Langka, TNI di Tanjungpura Ini Bikin Face Shield dari Tali Kolor Kodam Tanjungpura buat APD berbahan tali kolor dan plastik transparan (dok. tniad.mil.id)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Barangkali inovasi pembuatan alat pelindung diri (APD) dari Peralatan Kodam (Paldam) XII/Tanjungpura ini bisa jadi inspirasi.

APD yang dibuat adalah pelindung muka (face shield). Kapaldam Tanjungpura Kolonel Cpl Octovianus Oskar mengatakan inovasi ini bermula saat dirinya mendapat perintah dari Pangdam Tanjungpura Mayjen Muhammad Nur Rahmad untuk membantu pemerintah setempat melakukan penyemprotan disinfektan di Pontianak.

"Ketika itu, kita akan menyemprotkan disinfektan di wilayah Pontianak. Terbersit ide untuk melindungi prajurit dari efek kimia yang terkandung di dalamnya, setidaknya bagian vital mata, hidung dan mulut," ujar Kolonel Oscar seperti dilansir dari tniad.mil.id, Selasa (7/4/2020).

Oscar mengatakan saat itu baru tersedia masker. Sementara untuk pengadaan barang, dibutuhkan biaya cukup mahal dan waktu lama. Maka muncullah ide membuat face shield berbahan tali kolor dan plastik.

"Setelah dilihat-lihat, ternyata alternatif bahan yang dibutuhkan pun ada di sekitar kita dan prosesnya pun sederhana, bahkan untuk pengadaan bahan setiap APD hanya habis sekitar Rp 8.000, yaitu dari karet celana atau tali kolor ditambah plastik yang agak tebal," ujar Oscar.

Akhirnya Paldam Tanjungpura menghasilkan 500 APD yang akan dipakai anggota untuk menyemprotkan disinfektan di Pontianak. Jumlah itu juga disalurkan kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia serta disalurkan untuk mendukung kebutuhan APD di RS Kartika Kodam Tanjungpura, RS Yarsi, dan RS Antonius Pontianak.

"Kami tahu, tenaga medis telah berjibaku. Siang-malam, di tengah keterbatasan APD, mereka tanpa lelah membantu saudara-saudara kita yang tengah mengalami musibah terpapar virus Corona," ujar Oscar.

Kini Paldam Tanjungpura menargetkan membuat 300 face shield lagi untuk dibagikan ke puskesmas di Kubu Raya. Mereka juga melibatkan ibu-ibu Persit untuk membuat masker, sehingga kebutuhan APD untuk masyarakat dan tenaga medis terpenuhi.

Paldam Tanjungpura juga membuatkan bilik disinfektan dan kendaraan disinfektan untuk ikut berjuang memerangi virus mematikan ini. Inovasi Paldam Tanjungpura mendapatkan apresiasi dari pejabat Kodam Tanjungpura.

"Termasuk apresiasi kepada berbagai pihak yang telah sama-sama memerangi penyebaran virus COVID-19 di Kalbar," ujar Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe.

"Utamanya lagi, unsur-unsur yang terlibat mampu dan secara cerdas menjabarkan petunjuk maupun perintah pimpinan, sehingga apa yang dilakukan dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat maupun petugas, khususnya tenaga medis," tambahnya.

Selain melibatkan jajaran dalam pemberantasan virus Corona, Kodam Tanjungpura juga telah menyerahkan 2.000 APD dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke Dinkes Kalbar.

"Sejumlah 40 box @ 50 pieces totalnya 2.000 baju atau jubah APD diserahkan Pangdam XII/Tpr kepada Kadinkes Kalbar untuk didistribusikan ke rumah sakit rujukan," ujar Kapendam. (*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]