Dampak Covid-19, Bawaslu Non Aktifkan Sementara Panwas Pemilu Tingkat Kecamatan dan Nagari


Selasa, 07 April 2020 - 18:17:10 WIB
Dampak Covid-19, Bawaslu Non Aktifkan Sementara Panwas Pemilu Tingkat Kecamatan dan Nagari Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 73 panitia pengawas (Panwas) Adhoc ditingkat kecamatan dan nagari di Kabupaten Pasaman terpaksa diberhentikan sementara, menyusul ditundanya pelaksanaan Pilkada 2020, imbas dari mewabahnya Virus Corona (Covid-19). 

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita mengatakan, penonaktifan sementara panitia pengawas adhoc dalam mengawasi Pilkada 2020, terhitung sejak 31 Maret. Panwas yang dinonaktifkan tersebut mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan Keluharan/desa. 

"Ada 36 Panwascam dan 37 Panwas Kelurahan/Desa ditambah tenaga kesekretariatan di kecamatan harus dinon aktifkan sementara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman. Secara kelembagaan mereka masih pengawas pemilu," kata Rini Juita kepada harianhaluan.com, Selasa (7/4).

Langkah tersebut diambil menindaklanjuti surat Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dengan nomor :052/k.Bawaslu.Prov-SB/TU.00.01 perihal pemberhentian sementara Panwascam, Panwas Kelurahan/Desa, maupun tenaga Sekretariat. 

Kemudian juga didasari oleh Surat Edaran (SE) Bawaslu RI nomor: 0255/K.Bawaslu/TU.00.01/III/2020. Selain itu, Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan juga dinonaktifkan sementara.

"Selama masa pemberhentian sementara Panwaslu Kecamatan serta Panwaslu Kelurahan/Desa, mereka tidak diberikan honorarium. Panwascam dan PKD hanya menerima honorarium sampai bulan Maret saja," katanya. 

Namun beban biaya operasional yaitu sewa gedung atau kantor, sewa meubel, sewa peralatan perkantoran, Iangganan daya dan jasa dapat tetap dibayarkan.

"Kita sama sama berharap musibah ini cepat selesai sehingga jajaran pengawas untuk Pilkada 2020 bisa aktif kembali dan menjalankan tugas dan fungsinya pengawasan,” tuturnya.

Munculnya wabah Covid-19 membuat beberapa tahapan Pilkada 2020 tertunda. Kerja-kerja pengawasan pun menjadi terhambat, sehingga membuat pengawas pemilu yang berstatus Ad Hoc harus dinonaktifkan terlebih dahulu.

"Untuk itu saya meminta seluruh jajaran pengawas Pemilu untuk tetap semangat, terus produktif dan berkontribusi untuk negeri, tidak pernah pasif," katanya. 

Sebagai Ketua Bawaslu di Kabupaten Pasaman, ia meminta seluruh jajaran pengawas di seluruh kecamatan tetap saling berkoordinasi, saling berbagi, dan saling menyemangati. (h/yud)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 April 2020 - 15:27:01 WIB

    Afrizal Sesalkan Keterlambatan Pemprov Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

    Afrizal Sesalkan Keterlambatan Pemprov Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Sumbar, Afrizal menyesalkan keterlambatan penyaluran bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar terhadap masyarakat yang terdampak oleh virus Corona (Covid-19)..
  • Senin, 06 April 2020 - 19:01:44 WIB

    DPRD Agam: Bantuan Masyarakat Miskin Terdampak Covid 19 Harus Tepat Sasaran

    DPRD Agam: Bantuan Masyarakat Miskin Terdampak Covid 19 Harus Tepat Sasaran LUBUK BASUNG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Agam dari Partai Demokrat Doddi mengungkapkan penanganan wabah Covid 19 bukan tugas eksekutif maupun legislatif saja, tetapi seluruh elemen yang ada harus saling bahu membahu untu.
  • Kamis, 06 Agustus 2015 - 19:09:14 WIB

    Jokowi Gelar Rapat Bahas Dampak El Nino

    JAKARTA, HALUAN — Pre­­­siden Joko Widodo meng­­gelar rapat terbatas ber­sama menteri terkait mem­bahas secara khusus dampak gelombang panas El Nino di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8/2015).<.

  • Jumat, 31 Juli 2015 - 20:15:18 WIB

    Jokowi: Antisipasi Dampak Kekeringan

    GELAR RAPAT TERBATAS

    JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas untuk membahas antisipasi dampak kekeringan dari fenomena El Nino dengan sejumlah menteri dan pejabat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]