Anjuran Physical Distancing Tak Jalan, Polresta Padang masih Temukan Orang Berkumpul


Selasa, 07 April 2020 - 21:52:36 WIB
Anjuran Physical Distancing Tak Jalan, Polresta Padang masih Temukan Orang Berkumpul Polresta Padang melakukan sosialisasi physical distancing kepada masyarakat yang masih berkumpul.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masih banyaknya masyarakat yang keluar rumah pada malam hari dan tidak menghiraukan imbauan dari Pemerintah Kota Padang membuat Polresta Padang melakukan patroli berskala besar. Sekitar 100 personil Polresta Padang dilibatkan dalam patroli pembubaran masyarakat yang masih berkumpul di luar rumah. Kegiatan tersebut digelar Senin (6/4/2020) malam dan berlanjut setiap harinya.

Informasi yang dihimpun, dua tim dibagi untuk berpatroli di seputaran wilayah hukum Polresta Padang untuk membubarkan masyarakat yang berkumpul pada malam hari. Personel bergerak di seputaran GOR Haji Agus Salim, disini ditemukan banyak para masyarakat yang nongkrong. Secara humanis, mereka pun langsung disuruh bubar dan pulang ke rumah masing -masing. 

Setelah itu, petugas bergerak ke sepanjang Jalan Samudera, disana pun ditemukan juga banyaknya aktifitas masyarakat yang lagi nongkrong dan juga disuruh membubarkan diri serta disuruh pulang. Patroli dilanjutkan ke Jalan Pemuda, Jalan Veteran dan Jalan Ujung Gurun. Di lokasi ini juga ditemukan masyarakat yang lagi duduk duduk di luar, petugas pun memberikan sosialisasi. 

Patroli dilanjutkan ke sepanjang jalan Gunung Pangilun, Siteba dan Jati. Disini pun masih ditemukan banyaknya para masyarakat yang asik nongkrong di warung. Tak segan-segan, polisi pun langsung membubarkan mereka semua. Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan didampingi Kasat Intelkam Kompol Jon Hendri mengatakan, pembubaran massa ini sesuai dengan instruksi pemerintah dan maklumat Kapolri. 

Menurut Kapolres, pembubaran massa tersebut sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemerintah untuk membatasi jarak secara fisik (physical distancing) dan mewajibkan warga berada di rumah masing masing, demi mencegah penyebaran virus corona. "Pembubaran massa ini meliputi kegiatan masyarakat dan tempat umum, seperti halnya pasar malam, kegiatan olah raga, balap liar, kumpul-kumpul remaja di fasilitas umum, kegiatan selamatan tasyakuran, khitanan, tempat hiburan malam serta resepsi pernikahan," kata Kombes Pol Yulmar Try Himawan 

Dia mengatakan, dalam isi maklumatnya, Kapolri meminta agar seluruh masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Padang agar menaati kebijakan pemerintah dan maklumat Kapolri serta instruksi Kapolda Sumbar tentang upaya Polri dalam mendukung kebijakan pemerintah agar masyarakat selalu berada di rumah, sehingga bisa menghentikan penyebaran Covid-19 di Padang," katanya. 

Lebih lanjut, Yulmar mengatakan, kepolisian akan terus melakukan kegiatan preentif dengan terus patroli menghimbau masyarakat karena masih banyak kegiatan resepsi pernikahan,  atau kegiatan perkumpulan massa yang masih digelar. Polresta Padang  sangat peduli terhadap keselamatan masyarakat, sehingga kami selalu hadir di tengah masyarakat untuk menghimbau, mengingatkan dan membubarkan perkumpulan massa di luar rumah.

"Semua ini demi keselamatan warga masyarakat. Mari bersatu lawan corona, dengan warga tinggal di rumah saja, kami selalu bekerja untuk masyarakat, masyarakat berada di rumah untuk keselamatan warga dan membantu pemerintah," tutup mantan Kapolres Asahan tersebut. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]