Waspada! Virus Corona Juga Berisiko Sebabkan Kegemukan


Rabu, 08 April 2020 - 06:51:49 WIB
Waspada! Virus Corona Juga Berisiko Sebabkan Kegemukan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona mengguncang dunia sejak akhir tahun lalu. Angka kematian yang melonjak setiap harinya, kehancuran ekonomi, dan sebaran virus di mana pun membuat pemerintah akhirnya memutuskan untuk karantina dan beberapa bahkan lockdown.

Namun selain ketakutan karena sebaran yang cepat, virus ini disebut juga membuat orang jadi lebih gemuk.

"Saya tidak tahu apakah kita akan keluar dari pengalaman ini lebih kuat, tetapi kita akan menjadi lebih gemuk," kata ahli gizi Beatrice de Reynal dikutip dari AFP.

"Itu akan terjadi pada kita semua, bahkan jika kita mencoba berolahraga," kata Julian Mercier, pelatih olahraga, kesehatan.

Dengan lebih dari seperempat umat manusia tetap berada di rumah karena khawatir mereka akan mendapatkan virus berikutnya, godaan untuk makan enak sulit ditolak.

"Saya yang pertama beralih ke cokelat daripada apel," Mercier mengakui. "Dan itulah yang berisiko menjadi kehancuran kita."

British Nutrition Foundation juga memperingatkan bahwa tinggal sendirian dan berjuang mengatasi tekanan situasi, serta khawatir tentang apakah mereka akan memiliki pekerjaan untuk kembali, dapat mengarahkan orang ke makan berlebihan,

Ahli gizi Jennifer Aubert mengungkapkan bahwa dengan melakukan sedikit atau tidak ada kegiatan fisik yang biasanya kita lakukan, orang dewasa cenderung membakar hingga 400 kalori lebih sedikit sehari.

Itulah sebabnya Anda harus mengurangi porsi makan dan bergerak sebanyak yang kita bisa di rumah. Namun pastikan itu bukan berjalan bolak-balik ke lemari es atau lemari makanan.

Pakar lain menunjuk pada orang-orang yang panik membeli lemari penuh makanan segar, menemukan diri mereka terikat tugas untuk memakannya.

"Makanan bisa menjadi penghiburan dan mudah makan berlebihan ketika menghabiskan begitu banyak waktu di rumah, terutama jika Anda suka memasak untuk menghabiskan waktu," ungkap British Nutrition Foundation.

Para ahli sepakat bahwa memasak untuk diri sendiri dan menyusun hari Anda dengan makanan teratur dan aktivitas fisik, sangat penting jika kita ingin keluar dari kondisi ini dengan baik.

"Saya mengerti bahwa mudah jatuh ke dalam menonton televisi, atau berbaring di sekitar membaca dan ngemil. Saya adalah orang pertama yang melakukannya," kata Koki selebritas Inggris, Jamie Oliver.

"Tetapi periode ini adalah kesempatan besar untuk mengajar anak-anak dan remaja cara memasak hidangan sederhana. Dan ketika saya di rumah saya cenderung memasak dengan sedikit lemak dan gula."(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]