Rahasia Satu Keluarga Asal Dau Malang Sembuh dari COVID-19


Rabu, 08 April 2020 - 11:03:31 WIB
Rahasia Satu Keluarga Asal Dau Malang Sembuh dari COVID-19 Ilustrasi

MALANG, HARIANHALUAN.COM - Tiga pasien positif COVID-19 asal Dau, Kabupaten Malang, dinyatakan sembuh dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka adalah satu keluarga yang sudah menjalani perawatan di RSUD Kanjuruhan sejak 21 Maret 2020.

Plt Direktur Kanjuruhan dr Dian Suprojo menerangkan kunci kesembuhan dari tiga pasien tersebut adalah legowo. Mereka bisa menerima kenyataan saat dinyatakan terinfeksi virus Corona.

Baca Juga : Sambut Ramadhan, Tiga Mushala Sekaligus Dibersihkan Pemuda Pulau Kumpai

"Ketiga pasien asal Dau sudah sembuh dan dipulangkan. Mereka adalah satu keluarga," kata Dian kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Dian mengaku awalnya, saat ditangani di RSUD Kanjuruhan, ketiga pasien sempat mengalami stres berat. Apalagi melihat tim medis yang memakai alat pelindung diri (APD) selama melakukan penanganan medis.

Baca Juga : Karhutla Mulai Sirna di Kepulauan Meranti

"Awalnya mereka kaget dan stres ketika dirawat di RSUD Kanjuruhan. Kenapa kok ada perawat berpakaian seperti astronaut dan menyeramkan," beber Dian.

Untungnya, lanjut dian, penjelasan perlahan yang disampaikan perawat dan tim dokter akhirnya bisa membuat ketiganya memahami kondisi yang tengah dihadapi.

Baca Juga : Kampung Percontohan Tertib Lalulintas,Tim Korlantas Polri Apresiasi KPRI I Kelurahan Perawang

"Ketika dijelaskan secara perlahan terkait alasan mereka dirawat, akhirnya mereka legowo. Bisa menerima apa yang terjadi," ujarnya.

Saat sudah legowo, kata Dian, ketiganya langsung memunculkan semangat untuk sembuh. Mereka, kata Dian, sangat kooperatif dan selalu memperhatikan makanan dan minuman yang disuguhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Pendaftaran Calon Ketua DPC AAI Pekanbaru Dibuka, Ini Syaratnya

"Kami buat senyaman mungkin, apa yang mereka inginkan kami penuhi. Malah mereka minta (menu) yang sehat-sehat, seperti buah dan air hangat selalu itu," beber Dian.

Harapan bisa sembuh dari COVID-19 akhirnya terwujud. Setelah 14 hari menjalani isolasi di RSUD Kanjuruhan, Kepanjen, ketiganya dinyatakan sembuh. Itu setelah melalui dua kali swab test yang hasilnya menunjukkan perkembangan cukup baik.

"Sudah sembuh dan melewati dua kali swab test. Kemarin sudah kami bawa pulang ke kediaman mereka," ungkap Dian.

Sekadar diketahui, tiga pasien virus Corona asal Dau ini dievakuasi dari tempat tinggal pada 21 Maret 2020 oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Malang. Mereka adalah satu keluarga yang terdiri atas ayah, dua anak, serta kakek dan nenek.

Kelima orang ini memiliki riwayat dan kontak erat dengan satu pasien positif COVID-19 berjenis kelamin perempuan yang meninggal dalam perawatan di RS dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang pada 14 Maret 2020.

Saat pasien berusia 60 tahun itu meninggal, belum diketahui positif COVID-19. Sebab, hasil swab test yang dikirimkan ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan belum keluar.

Sementara itu, Bupati Malang Sanusi meminta masyarakat tak menciptakan stigma terhadap pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

"Kami imbau masyarakat tak melakukan penolakan pasien sembuh di tempat tinggalnya," harap Sanusi terpisah.

Sanusi menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya penularan virus Corona. Karena penularan sudah tidak terjadi pada pasien yang sudah sembuh. "Virus ini sudah tak menular bila pasiennya sudah dinyatakan sembuh," ucap Sanusi.

Sanusi tetap meminta masyarakat tak keluyuran untuk menekan penularan virus Corona. Kebijakan physical distancing harus diterapkan oleh masyarakat di 33 kecamatan seluruh Kabupaten Malang. "Tetap di rumah, jaga kesehatan-kebersihan, dan patuhi imbauan pemerintah," pungkas Sanusi.(*)

Editor : NOVA | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: redaksi[email protected]