Menanggulangi Corona, BLT atau Operasi Pasar? Sandiaga Uno: Rakyat Prioritas Utama


Rabu, 08 April 2020 - 12:51:02 WIB
Menanggulangi Corona, BLT atau Operasi Pasar? Sandiaga Uno: Rakyat Prioritas Utama Sandiaga Uno. Foro: Riauonline

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sandiaga Uno dalam Podcast Total Politik bersama host Arie Putra mengatakan untuk penanganan corona ada beberapa tindakan yang harus dilakukan pemerintah guna membantu kehidupan masyarakat yang terdampak corona.

Dikutip dari channel YouTube Total Politik, Selasa (7/4/2020), Sandi menuturkan pemerintah harus mendahulukan kepentingan rakyat daripada kepentingan pribadi ataupun golongan.

Di situasi seperti sekarang ini kebijakan BLT ataupun Operasi Pasar merupakan tindakan yang harus dilakukan secara bersamaan guna membantu masyarakat dari rasa lapar.

"Harus dua-duanya karena saya liat bahwa yang paling terdampak adalah masyarakat yang menengah kebawah. Jika harga naik sedikit mereka yang tadinya ga miskin jadi miskin," jelasnya.

Menurut Sandiaga Uno corona memberikan dampak yang mengerikan terhadap kehidupan masyarakat menengah ke bawah. Harusnya pemerintah mengalokasikan dana yang di situasi saat ini tidak bisa di laksanakan.

Seperti dana perjalanan dinas hingga dana pembangunan infrastruktur. Sandi mengatakan dana tersebut dapat dialokasikan sementara untuk penyaluran BLT.

"Jadi kita punya basis dana terpadu di Kementerian Sosial dan sudah di cek dengan data yang dimiliki pemda. Nah ini yang harus disalurkan ke BLT.

Kita alokasi anggaran misalnya perjalanan dinas toh kan ga bisa kemana-mana juga, kemudian dana infrastruktur toh ga bisa bangun juga saat ini untuk dialokasikan ke BLT," ujarnya.

Selain itu, Operasi Pasar menurut Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut juga harus dilakukan segera. Karena Operasi Pasar tersebut dapat meninjau ketersediaan bahan pokok serta memastikan harga stabil dan terjangkau.

"Selain itu Operasi Pasar juga dapat memastikan rantai distribusi yang sederhana dan berkeadilan. Ini yang harus dijalankan, pokoknya prioritas utama adalah rakyat," tegasnya. (*)

Reporter : Yeyen /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]