Bukan Mobil, Ini Barang Pertama yang Bakal Dicari usai Wabah Corona


Rabu, 08 April 2020 - 13:42:59 WIB
Bukan Mobil, Ini Barang Pertama yang Bakal Dicari usai Wabah Corona Mobil baru Daihatsu Sirion yang diluncurkan via sistem streaming. Foto: Viva.co.id/ Pius Mali

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hampir semua para pelaku bisnis sibuk mencari cara, agar bisa tetap bertahan di tengah pandemi virus corona. Beberapa ada yang menyerah, dan harus memutus hubungan kerja dengan karyawan mereka.

Untungnya, industri otomotif di Indonesia hingga saat ini masih tetap berjalan. Meski, angka penjualan produk mereka turun cukup banyak.

Corporate Planning and Communications Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengaku bahwa pasar Daihatsu turun hingga 20 persen. Namun, hal itu diakuinya masih lebih baik ketimbang merek lain.

“Pasar mobil Daihatsu di Maret turun 20 persen. Kondisi ini masih bagus, karena overall turunnya lebih besar, 22 persen,” ujarnya dikutip dari Viva.co.id, Rabu (8/4/2020).

Wanita yang akrab disapa Amel itu menjelaskan, Indonesia masih menjadi pasar yang cukup baik di tengah wabah virus corona, ketimbang negara lain.

“Kalau saya lihat, di bulan Maret negara lain lebih parah. Bisa turun 80 persen, seperti di Eropa. Gaikindo sudah keluarkan data, tahun ini pasar Januari-Desember turun lebih dari 40 persen,” tuturnya.

Amel memprediksi, penjualan kendaraan di bulan ini akan jauh lebih menurun. Penyebabnya ada beberapa hal, mulai dari minimnya permintaan dari konsumen hingga proses registrasi.

“Di April pasar akan turun lebih dalam, karena banyak hal. Kan Samsat tutup, enggak bisa registrasi untuk mendapatkan STNK,” ungkapnya.

Saat nanti wabah sudah reda, Amel menjelaskan bahwa pasar otomotif tidak akan langsung naik. Menurutnya, konsumen akan lebih dulu membeli barang lain.

“Yang paling cepat itu retail fashion tuh. Begitu sembuh, ganti baju lah,” jelasnya. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 15:38:03 WIB

    Beredar Tawaran Mudik Pakai Big Bird, Blue Bird : Bukan dari Kami

    Beredar Tawaran Mudik Pakai Big Bird, Blue Bird : Bukan dari Kami HARIANHALUAN.COM - Beredar di media sosial brosur tawaran paket mudik sehat oleh Big Bird yang merupakan salah satu unit usaha dari Blue Bird Group. Dalam brosur tersebut mudik dilayani menggunakan bus berkapasitas 54 kursi..
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 23:20:01 WIB

    Bukannya Buntung, Sejumlah Perusahaan Ini Justru Untung Besar Saat Pandemi Corona

    Bukannya Buntung, Sejumlah Perusahaan Ini Justru Untung Besar Saat Pandemi Corona NEW YORK, HARIANHALUAN.COM - Pandemi corona telah berdampak pada berbagai sektor bisnis. Pemutusan hubungan kerja (PHK) dan cuti telah meluas dan ada sekitar 21% pekerja Amerika Serikat telah mengajukan tunjangan pengangguran.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 12:59:06 WIB

    Bukan Cuma Indonesia, Dunia Pun 'Tenggelam' Dalam Utang

    Bukan Cuma Indonesia, Dunia Pun 'Tenggelam' Dalam Utang EKONOMI, HARIANHALUAN.COM -- Beban utang negara-negara di dunia mencetak rekor baru. Bahkan, rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dunia tercatat paling tinggi sebelum tahun 2019 berakhir..
  • Rabu, 18 Desember 2019 - 10:47:54 WIB

    Asal-usul Nama Garuda Tauberes, Bukan Asal-asalan Loh...

    Asal-usul Nama Garuda Tauberes, Bukan Asal-asalan Loh... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Cucu usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Garuda Tauberes Indonesia tengah jadi bahan pembicaraan di tengah mencuatnya skandal penyelundupan Harley Davidson. Sebab, nama perusahaan ini diang.
  • Senin, 02 Desember 2019 - 07:32:02 WIB

    Cara Cepat Jadi Orang Kaya, Asli Bukan Kaleng-kaleng

    Cara Cepat Jadi Orang Kaya, Asli Bukan Kaleng-kaleng JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kaya. Kata ini bagaikan sihir dan kebanyakan orang punya cita-cita untuk menjadi 'orang kaya'. Meskipun kata dan ukuran kaya sendiri menjadi sangat relatif antara satu orang dengan orang lain, akan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]