Bantuan APD dari Mabes TNI Diserahkan ke Petugas Medis Pasbar


Rabu, 08 April 2020 - 19:07:53 WIB
Bantuan APD dari Mabes TNI Diserahkan ke Petugas Medis Pasbar Penyerahan bantuan.

PASBAR, HARIAN HALUAN.COM - Untuk memenuhi kebutuhan petugas medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RS.UD) Jambak, Kodim 0305 Pasaman Barat, melalui Dandim Letkol Inf Ahmad Aziz menyerahkan bantuan dari Mabes TNI, 150 Alat Pelindung Diri (APD) dan 20 kotak masker kepada petugas medis di RSUD Pasaman Barat, Rabu, (08/04).

Penyerahan bantuan itu juga dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Pasbar, Bupati Pasbar, H. Yulianto, Kapolres Pasbar, AKBP Fery Herlambang, Kajari Pasbar, Sekda Pasbar, Yudesri para OPD dan Plt. Direktur RSUD, Dr. Eddy.

Bantuan tersebut saat ini di stanbaykan di RS.UD Jambak untuk dipergunakan petugas medis setelah diterima langsung oleh Bupati Pasbar, H. Yulianto selaku Ketua Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Pasbar.

Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz kepada wartawan mengantakan, TNI akan selalu siap memberikan dukungan dan sumbangsih dalam hal penanggulangan penyebaran covid 19 dan bantuan ADP terhadap petugas medis ini merupakan wujud bahwa TNI juga merasa peduli akan wabah covid 19 yang melanda saat ini.

"Bantuan APD dan masker ini sebagai bentuk sumbangsih TNI terhadap petugas medis yang bertugas di Rumah Sakit selama Covid 19. Meski jumlah masih sedikit, namun secara prinsip TNI akan terus-menerus memberikan dukungan untuk melawan Covid 19," ungkap Ahmad Aziz.

Ditambahkan, selain kepada petugas medis, bantuan APD dan masker tersebut juga kita serahkan kepada TIM gugus tugas percepatan penanggulangan covid 19 di Kabupaten Pasaman.

Selain itu, TNI juga siap membantu terjun langsung kelapangan untu melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk penanggulangan penyebaran covid 19 dan memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat agar sama-sama memerangi penyebaran covid 19 dan membudayakan pola hidup bersih dan sehat.

"TNI akan selalu siap membantu dan aktif kelapangan untuk melakukan percepatan penanganan dan memberikan sosialisasi dan himbauan terkait covid 19 sehingga penyebarannya tidak masuk ke Pasbar ini,"Pungkasnya.

Ahmad Aziz juga mengimbau kepada masyarakat Pasbar agar dapat mematuhi aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah seperti, menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan bersih dan pakai sabun, menerapkan fhysical distencing dan bagi yang bari datang dari luar daerah, agar melapor ke posko kesehatan dan dapat mengkarantina diri secara mandiri dirumah masing-masing selama 14 hari,"Himbaunya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat H.Yulianto mengatakan, bantuan APD dan masker dari TNI sangat membantu petugas medis yang ada di Pasaman Barat, terutama petugas di dua rumah sakit. Pemda berharap ada bantuan dari unsur lain, baik berupa APD atau dukungan lainnya agar covid 19 bisa segera di cegah di Pasaman Barat.

"Pemda dan gugus tugas sangat bersyukur terhadap bantuan ini. Gugus tugas akan terus-menerus mengupayakan APD untuk medis dan sejumlah kebutuhan lainnya, baik obat obatan atau pangan masyarakat," ujarnya.

Yulianto juga memberikan apresiasi terhadap seluruh petugas medis dan Gugus Tugas serta unsur yang terlibat dalam percepatan penanganan Covid 19. Semua unsur diminta bekerjasama sesuai kapasitas masing-masing agar pergerakan terarah dan bisa memutus penyebaran Covid 19.

"Saya sangat mengapresiasi semua tim dan unsur yang terlibat, mari jaga kesehatan diri dan keluarga, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan ikut mengedukasi masyarakat untuk mematuhi aturan pencegahan covid,"Ujarnya.

Ditambahkan, saat ini Pemda dan unsur lain sudah bekerja maksimal untuk melakukan sejumlah kebijakan pencegahan covid 19, baik berupa anggaran atau sejumlah langkah pencegahan juga sudah dilakukan.

Dari itu, tentunya diharapkan peran serta semua unsur dan masyarakat agar bersama-sama melakukan pencegahan terhadap penyebaran covid 19 ini, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama demi terhindarnya kabupaten yang kita cintai ini dari penyebaran wabah virus yang membuat heboh Dunia saat ini,"Harap Yulianto. (*)

Reporter : Fadli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]