Kecelakaan Maut di Jalinsum Sijunjung, Seorang Remaja Tewas Digilas Truk


Rabu, 08 April 2020 - 19:42:26 WIB
Kecelakaan Maut di Jalinsum Sijunjung, Seorang Remaja Tewas Digilas Truk Ilustrasi

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kecelakaan lalu lintas antara sepda motor dan Truk pengangkut batu bara terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM 170 dari arah Padang, tepatnya di Jorong Batang Tiauh Kenagarian Muaro Takuang Kecamatan Kamang Baru, Rabu (8/4). 

Akibat kejadian tersebut korban yang merupakan pengendara motor, tewas di lokasi kejadian terlindas truk yang melaju di sebelah kiri korban, sementara satu orang yang berboncengan dengan korban mengalami luka ringan dibagian kepala

Korban akibat kecelakaan tersebut diketahui bernama Defri Harianda (17) warga Jorong Sakato Kenagarian taratak Tinggi Kecamatan Timpe Kabupaten Dharmasraya yang pada saat kejadian menggunakan sepeda motor Matic Honda Beat dengan nopol BA 3419 VZ.

Informasi yang diperoleh dari pihak kepolisian, kejadian tersebut bermula saat korban yang berboncengan dengan temannya bernama Wulandari (17) warga Jorong Sakato nagari Taratak Tinggi Kecamatan Timpe Kabupaten Dharmasraya melaju dari arah Dharmasraya menuju Kiliran Jao dengan Kecepatan Sedang. 

Memasuki lokasi kejadian dengan kondisi jalan lurus dan pandangan bebas, korban yang mengendara sepeda motornya hendak menyalip atau mendahului kendaraan yang ada didepannya yakni sebuah truk batubaradengan Nopol BA 9859 JU yang dikemudkan oleh Muhammad Nasir (25) warga Jorong Atar Kenagarian Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah datar.

Pada waktu yang bersamaan, dari arah yang berlawanan atau dari arah Kiliran jao menuju Dharmasraya datang kendaraan minibus Toyota avanza warna hitam (tidak diketahui plat nomornya) sementara posisi sepeda motor korban saat menyalip sudah berada di pinggang truk pengangkut batubara tersebut. 

Karena terkejut dengan adanya mobil dari arah berlawanan, sepeda motor pun oleng dan hilang kendali kemudian terjatuh ke arah sisi kiri korban atau sisi kanan mobil truk tersebut. Karena jarak yang sudah dekat dan tidak bisa dihindarkan lagi, ban belakang truk pun melindas kepala korban yang terjatuh.

Sementara penumpang yang diboncengnya jatuh ke sebelah kanan dan mengalami luka ringan di bagian kepala dan badan. Warga setempat yang mengetahui kejadian tersebut langsung berusaha memberikan pertolongan, namun naas pengendara sepeda motor tak dapat diselamatkan karena mengalami luka parah dibagian kepala, warga pun menghubungi pihak kepolisian Pospol kiliran jao dan megevakuasi korban yang diboncengnya ke puskesmas Sungai lansek Kecamatan Kamang Baru.

Kasatlantas Polres Sijunjung Iptu Ghanda melalui kasubag Humas Iptu Ajo Nasrul didampingi Kapospol lantas Kiliran jao Aiptu Anton Satria membenarkan kejadian tersebut. "Kejadian tadi Siang sekira pukul 13.00 wib. Korban melaju dengan kecepatan sedang, lalu tiba-tiba oleng dan terjatuh ke kolong truk yang melaju lurus di sebelah kirinya saat datang dari arah berlawanan sebuah kendaraan minibus, dimana korban berusaha untuk menyalip kendaraan truk pengangkut batu bara tersebut," ujarnya.

Ajo Nasrul menambahkan, korban tewas yag diketahui bernama Defri harianda tersebut tewas dilokasi kejadian karena menderita luka parah dibagian kepala setelah terlindas ban kana kendaraan truk pengangkut batubara dengan plat nomor BA 9859 JU yang dikemudkan oleh Muhammad Nasir (25) warga Jorong Atar Kenagarian Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah datar.

"Korban tewas seketika setelah mengalami luka berat dibagian kepala, sementara teman korban yang diboncengnya mengalami luka ringan dan  Pengemudi truk, saat ini masih kami mintai keterangan," kata pria mantan Kanit laka Polres Sijunjung tersebut.

Pihaknya jug kembali menghimbau kepada pengguna dan pengemudi kendaraan agar selalu berhti hati saat berada di jalan raya dan mematuhi rambu lalulintas serta mengutamakan keselamatan dijalan raya. (h/ogi)

Reporter : ogi /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]