Sejak Wabah Corona, Permintaan Pasar UKM Turun 87,5% di Pasaman Barat


Rabu, 08 April 2020 - 19:47:53 WIB
Sejak Wabah Corona, Permintaan Pasar UKM Turun 87,5% di Pasaman Barat Ketua Forum UMKM Kabupaten Pasaman Barat Ade Media Saputra bersama salah satu produk unggulan. Osniwati

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  Kabupaten Pasaman Barat mengaku 87,5 persen Permintaan menurun setelah wabah Corona melanda negeri ini. Sehingga membuat pelaku UMKM cemas menghadapi keuangan ke depan.

Ketua Forum UMKM Kabupaten Pasbar Ade Media Saputra Selasa (7/4), mengaku terjun bebasnya permintaan pasar karena wabah virus Corona diketahui setelah berembuk dengan pelaku UMKM.

"Data yang kita himpun dari  pelaku UMKM Pasaman Barat semalam  menyatakan 87,5 persen permintaan pasar menurun. Artinya penjualan menurun, dan bisa dipastikan mereka merugi, tidak bisa memenuhi kebutuhan dan membayar angsuran atau kredit akan macet,"kata Ade Media Saputra.

Ade Media Saputra melanjutkan, jika tidak ada stimulus. Maka akan ada ratusan hingga ribuan pelaku UMKM Pasbar terancam gulung tikar dan akan ada ribuan pengangguran baru.  

"Ditambah lagi harga bahan pokok yang terus mencuat naik. Seperti gula pasir yang semula cuma Rp12.000 perkilo sekarang hampir mencapai Rp21.000 perkilo,"terang Ade Media Saputra.

Ia juga menyinggung pelaku UMKM yang selama ini berada di zona keramaian dan menggantungkan hidup di lokasi tersebut, seperti sekolah, objek wisata.

"Terparahnya sahabat UMKM kami di daerah wisata seperti Sasak dan Lubuak Landua dan kawasan wisata lainnya  yang bergantung hidup dari berjualan di kawasan wisata. Namun, kini mereka harus tutup karena mengikuti aturan dari pemerintah, dan sekarang tak memiliki penghasilan lain,"tegas Ade Media Saputra.

Ia berharap kepada pemerintah Kabupaten Pasbar agar memberikan perhatian sedikit kepada pelaku UMKM ditengah wabah Corona ini. Jangan hanya memikirkan pencegahan saja, namun juga harus memikirkan kelanjutan hidup UMKM.

"Kami Forum UMKM Pasaman Barat,  stop jangan informasikan kepada kami tentang Anggaran. Namun berikan kami solusi nyata. Berdaya UMKM dalam pengadaan Maker atau APD atau apapun bentuknya yang sejalan dengan penanganan virus Corona ini. Berikan kami solusi. Jika tidak ada bantuan untuk kebutuhan hidup, seperti sembako, juga bisa  bantu kami dengan mengadakan pasar murah,"kata Ade Media Saputra. (h/ows)

 

 

loading...
Reporter : Osniwati /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]