Mulyadi Minta Pemerintah Jamin Kehidupan Masyarakat di Tengah Pandemi


Rabu, 08 April 2020 - 22:20:59 WIB
Mulyadi Minta Pemerintah Jamin Kehidupan Masyarakat di Tengah Pandemi Mulyadi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi menyatakan pemerintah harus bisa menjamin kehidupan masyarakat di tengah pandemi virus covid-19 atau corona. Sebab, pandemi virus saat ini sangat mengancam kehidupan masyarakat khususnya yang kurang mampu.

"Pandemi virus covid-19 ini harus disikapi pemerintah juga melalui kacamata masyarakat kecil yang terdampak," tutur Mulyadi.

Mulyadi menjelaskan masyarakat kecil tidak terus menerus berada di rumah. Tuntutan ekonomi menjadi salah satu pendorong bagi masyarakat kecil untuk terus bekerja.

Menjadi dilematis bagi warga kurang mampu ketika pemerintah mengeluarkan instruksi untuk tetap berada di rumah selama pandemi. Kebanyakan pedagang tetap melanjutkan aktifitas jualan karena harus mencari pemasukan untuk sesuap nasi.

Sangat disayangkan kebijakan pembatasan sosial terus digaungkan namun respon cepat untuk menanggulangi dampak juga tidak segera dilakukan. Pada akhirnya, pemerintah mengandalkan belas kasih masyarakat untuk saling membantu.

"Pemerintah harus cepat merespon kebutuhan masyarakat di tengah pandemi ini, tidak sedikit jumlah warga kurang mampu yang terdampak," ujar Mulyadi.

Apa yang dikemukakan oleh Mulyadi bukanlah argumen tak berdasar. Selama 3 minggu terakhir bersama kader Partai Demokrat, ia menyalurkan bantuan sekaligus menghimpun aspirasi di tengah pandemi. 

Tidak sedikit masyarakat kecil yang khawatir tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dikarenakan pandemi virus covid-19. Profesi mereka pun beragam, mulai dari pedagang, petani, buruh harian lepas atau supir angkutan umum.

Kebanyakan dari masyarakat Sumbar khawatir jika tidak ada bantuan maka akan sulit mencari kebutuhan pangan untuk keluarga di rumah.

"Para pedagang di pasar maupun keliling di tengah pandemi harus terus berjualan karena tuntutan ekonomi, itu pun omzet menjadi menurun karena masyarakat tidak berani keluar. Bantuan seperti sembako sangat dibutuhkan agar masyarakat kecil dapat memberi makan keluarganya," tutur Ketua Ikatan Pedagang Kecil Padang, Ramli. (*)

 Sumber : rilis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]