Wah! Aplikasi Zoom Bakal Luncurkan Dark Mode?


Kamis, 09 April 2020 - 09:35:32 WIB
Wah! Aplikasi Zoom Bakal Luncurkan Dark Mode? ilustrasi zoom

TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Kegiatan Work from Home (WFH) saat sedang pandemi Covid-19 ini menjadikan aplikasi Zoom merupakan salah satu alat conference call yang paling populer saat ini. Nah, aplikasi ini kabarnya meluncurkan fitur baru Dark Mode atau mode gelap. Penggunaan Dark Mode tentunya mengurangi cahaya yang tajam pada layar perangkat, terutama saat bekerja di malam hari. 

Tema Mode putih pada layar biasanya menggunakan daya yang jauh lebih besar daripada mode gelap, terutama pada perangkat dengan layar AMOLED. Menggunakan aplikasi seperti Zoom dalam Mode gelap juga dapat membantu menghemat masa pakai baterai di perangkat seluler, lho! Mengaktifkan Dark Mode di aplikasi Zoom tidak langsung aktif dan tentunya fitur ini tidak tersedia disemua perangkat.

Baca Juga : Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku 15 Mei, Ini Nasib Akunmu

Tapi, ada beberapa trik dan teknik yang bisa digunakan untuk membuat efek yang sama dan mendapatkan beberapa manfaat yang sama bahkan ketika fitur Dark Mode ini tidak didukung di perangkat. Sayangnya, saat ini belum ada opsi Dark Mode di aplikasi Zoom untuk iPhone atau Android. Namun, bisa membuat baterai perangkat bertahan sedikit lebih lama saat menggunakan Zoom dengan menyesuaikan opsi video aplikasi.

Bisa dimulai dengan mengklik ikon ‘Pengaturan’ dan pilih ‘Rapat’, lalu klik icon berlabel ‘Selalu matikan video saya’. Ini berarti Anda bakal bergabung dengan rapat hanya melalui audio, yang pastinya menggunakan daya yang lebih kecil. Aplikasi Zoom desktop tidak menawarkan fitur Dark Mode, tetapi bisa memaksakan mode gelap jika bergabung dengan rapat Zoom menggunakan Chrome.

Baca Juga : Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku 15 Mei & Nasib Akun Kamu

Menurut laman Techradar, untuk mencobanya, kunjungi chrome: //flags/#enable-force-dark dan pilih salah satu opsi non-default. Selanjutnya pilih ‘Enabled with selected inversion of everything’. Simpan pekerjaan apapun di tab browser lain dan klik ‘Re-launch’ to activate the change’. Untuk membalikkan perubahan, cukup kembali ke chrome: //flags/#enable-force-dark dan ubah pengaturan kembali ke ‘Default‘, lalu kembali ke browser.

Untuk mengaktifkan mode gelap, Anda cukup membuka preferensi sistem kamu, pilih ‘Umum’ dan pilih opsi tampilan ‘Gelap’. Ini akan mengubah tampilan seluruh OS kamu, dan semua aplikasi yang didukung. Untuk membalikkan perubahan dan mengembalikan macOS ke tampilan sebelumnya, cukup ulangi prosesnya dan pilih opsi penampilan ‘Light’. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : vivanews
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]