Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun


Kamis, 09 April 2020 - 14:10:56 WIB
Bawaslu Pasaman Gelar Aksi Peduli Covid-19 Peringati Harlah 12 Tahun Komisioner Bawaslu Pasaman didampingi Koordinator Sekretariat, Refki Mukhliza SH MH, saat memberikan bantuan paket sembako bagi keluarga tidak mampu yang turut terdampak pembatasan sosial sesuai standar protokol kesehatan penanganan penyebaran wabah covid-19, Kamis (09/04). Foto dok Bawaslu Pasaman

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menggelar Aksi Peduli Covid-19 memperingati 12 tahun berdirinya lembaga keadilan Pemilu tersebut, Kamis (09/04).

"Pada kegiatan ini kami membagikan paket sembako bagi warga golongan ekonomi lemah yang turut terdampak serius akibat pemberlakuan sejumlah pembatasan kegiatan di luar ruangan dan pembatasan sosial lainnya," kata Ketua Bawaslu setempat, Rini Juita MA, di Lubuksikaping.

Menurutnya, wabah pandemi tersebut harus dilawan secara bersama oleh seluruh komponen bangsa sesuai dengan tema peringatan kalo ini yakni Membangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19.

Salah satunya dengan menunjukkan kepedulian yang walaupun secara nilainya tidak besar tapi diharapkan mampu menjadi sarana membangun kebersamaan antar sesama anak bangsa yang sedang berjuang bersama melawan penyebaran wabah covid-19.

Terkait fungsi sosialisasi dan pengawasan pemilihan umum kepala daerah yang sudah ditunda pelaksanaannya oleh pemerintah,  Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar lembaga, Mesrawati SE, mengatakan meskipun sudah ada penundaan jadwal namun beberapa kegiatan masih dilakukan pihaknya terkait pengawasan diantaranya pelaksanaan pendaftaran dan pelaksanaan program Sekolah Kader Pengawasan Pemilu (SKPP) yang merupakan kegiatan dari Bawaslu Republik Indonesia.

"Saat ini pendaftaran sudah dibuka untuk umum dengan mengutamakan individu yang aktif di organisasi non partisan dan non partai politik," terangnya.

Pada kegiatan tersebut, lanjutnya, materi pembelajaran akan disampaikan secara daring sehingga mudah dilakukan dan tetap mengacu pada kepatuhan melaksanakan standar protokol kesehatan yang sudah diberlakukan oleh pemerintah dalam memerangi penyebaran wabah covid-19.

Ia mengatakan, melalui teknologi informasi dan media sosial, SKPP Daring menjadi jalan ke luar dari keterbatasan ruang dan waktu dalam penguatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dan pilkada.

Dengan program itu, lanjutnya, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang pengawasan bagi kader-kader pengawas dan pemantau pemilu serta sarana berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang partisipasi masyarakat.

"SKPP Daring adalah sarana pendidikan pemilu dan pilkada serta pengawasannya bagi masyarakat karena program tersebut, Bawaslu berupaya menyediakan fasilitas yang baik dan optimal bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan melakukan pengawasan partisipatif," tambahnya.

Sehingga, lanjutnya, peserta SKPP Daring nantinya akan menjadi kader yang merupakan perpanjangan tangan Bawaslu dalam menggerakkan masyarakat untuk turut melakukan pengawasan partisipatif pemilu dan pilkada.

"Hingga hari ini sudah ada 1.000 orang lebih di Sumatera Barat yang telah mendaftarkan diri secara daring dan akan dilakukan penyeleksian terkait kelengkapan data diri dan rekam jejak masing-masing pendaftar," kata dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran, Kristian, S.Pd.I, menambahkan untuk kegiatan divisinya yang masih berjalan adalah berupa pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan data pemilih berkelanjutan yang saat ini sedang berlangsung.

"Meskipun tahapan pilkada ditunda, namun giat pengawasan terhadap pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara dan beberapa kegiatan terkait hukum dan penindakan masih dijalankan," tegasnya.(*)
 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 April 2020 - 15:45:20 WIB

    Bawaslu Agam Lakukan Aksi Solidaritas Donor Darah dan Bagi-bagi Masker

    Bawaslu Agam Lakukan Aksi Solidaritas Donor Darah dan Bagi-bagi Masker LUBUKBASUNG, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam merayakan hari jadi yang ke ke-12 tahun dengan mengangkat tema Bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19. .
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 22:38:53 WIB

    Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari

    Komisioner Bawaslu Bukittinggi Kunjungi Kejari BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Komisioner Bawaslu Bukittinggi bersilaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bukittinggi di ruang kerja Kajari Bukittinggi, Rabu (8/1) siang..
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 23:39:19 WIB

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solsel menyurati bupati dan wakil bupati setempat supaya tidak melakukan mutasi pejabat terhitung 8 Januari 2020. Hal ini disampaikan, Ade Kurnia Zelli selaku .
  • Senin, 15 Juli 2019 - 21:15:10 WIB

    Anggaran KPU dan Bawaslu Sumbar Akan Diakomodir 

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mulai merancang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020. Sejumlah poin strategis masuk dalam komposi.
  • Ahad, 21 April 2019 - 17:18:09 WIB

    Bawaslu Pessel Sebut Belum Terima Laporan Pelanggaran

    Bawaslu Pessel Sebut Belum Terima Laporan Pelanggaran PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pasca penghitungan suara hingga masa rekapitulasi real quant Pemilu serentak 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, terus melakukan pengawasan secara intensif di daerah itu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]