5 Ton Beras Dibagikan untuk Siswa SD dan SMP Terdampak Corona


Kamis, 09 April 2020 - 15:09:10 WIB
5 Ton Beras Dibagikan untuk Siswa SD dan SMP Terdampak Corona Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpora Pariaman, Yurnal menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada siswa SMPN 7 Pariaman, Kamis (9/4). Yuhendra Pariaman, Yurnal menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada siswa SMPN 7 Pariaman, Kamis (9/4). Yuhendra

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Peduli terhadap keluarga siswa yang terdampak ekonominya karena covid 19, jajaran SMP dan SD di Kota Pariaman telah menyalurkan 5 ton beras kepada siswa di daerah.

Covid 19 ini telah menyebabkan tersendatnya berbagai aktifitas, baik dunia pendidikan, ekonomi dan sosial. Untuk menyikapi hal tersebut Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, telah menginstruksikan untuk sekolah-sekolah di Kota Pariaman, mulai dari tingkat SD sampai SMP, melakukan pengumpulan donasi dan kegiatan berbagi.

Baca Juga : Ngeri! Pendidikan Jarak Jauh Bikin Siswa Kecanduan Gawai

“Dari minggu kemarin, sudah ada beberapa sekolah yang telah mengumpulkan donasi dari para guru dan kepala sekolah dan telah didistribusilan untuk siswa kurang mampu yang orangtuanya terdampak akibat virus corona ini, dan hari ini, kita melakukan aksi sosial ini di SMP N 7 Pariaman,” kata Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Kanderi, Kamis (9/4).

Ia menyampaikan, dari beberapa sekolah terkumpul hampir 5 ton beras, kemungkinan akan terus bertambah karena masih ada beberapa sekolah yang baru mengumpulkan donasi serta bantuan lainnya berupa sembako, seperti telur, gula, minyak goreng dan mie instan.

Baca Juga : PT Trakindo Serahkan Modul Ajar & Praktik ke Politeknik Negeri Padang

“Khusus untuk di SMP N 7 Pariaman ini, pihak sekolah menyediakan dan membagikan 42 aket, di mana setiap paket terdiri dari beras 10 Kg, telur dan minyak goreng 1 liter,” katanya.

Ia menyampaikan, pihaknya terus mendorong peran aktif sekolah untuk menyikapi dampak dari COVID-19 ini, karena ada beberapa siswa yang orangtuanya tidak mempunyai penghasilan lagi, atau berkurang signifikan saat ini.
"Sehingga dengan adanya bantuan ini, akan bisa sedikit meringankan beban mereka," katanya.

Baca Juga : Tahun 2021, ITP Buka 1.000 Kuota Mahasiswa Baru

Kanderi juga mengatakan kepada orangtua siswa yang datang agar tidak putus asa, terus bergerak dan berusaha, karena pemerintah tidak melarang warga untuk berusaha, yang dilarang adalah berkerumun, yang penting menjaga keamanan, dan mematuhi ketentuan yang dibuat oleh pemerintah.

“Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada sekolah yang telah berdonasi dan menyalurkanya untuk warga sekolah mereka masing-masing, semoga kegiatan ini nantinya terus berlanjut, kalau bisa bulan depan, sekolah kembali mengumpulkan donasi untuk menyalurkanya kepada warga sekolah lainnya yang belum menerima bantuan,” tutupnya.

Baca Juga : Politeknik ATI Padang Gelar Webinar Eksistensi Logistik di Masa Pandemi

Pemberian bantuan ini diserahkan oleh Kanderi, Kabid Dikdas Dikpora, Yurnal, Kasi Kurikulum Dikpora, Elfadri, Kepala SMP N 7 Pariaman, Fitrawati, para wakil kepala sekolah dan jajaran guru di SMP N 7 Pariaman.

Sementara, salah saru siswa SMPN 7 Pariaman, Indah Permata Sari mengatakan, sangat terbantu dengan adanya paket sembako yang disalurkan oleh pihak sekolah. Namun ia juga mengatakan rindu untuk bisa kembali sekolah seperti biasanya.

"Walaupun kami di rumah tetap belajar, namun saya rindu untuk bisa sekolah lagi. Belajar bersama teman-teman dan guru, semoga wabah ini cepat berakhir," katanya.(*)
 

Reporter : Yuhendra | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]