Kankemenag Dharmasraya Gelar Rakor Bahas Pelaksanaan Ibadah saat Pandemi Corona


Kamis, 09 April 2020 - 17:31:09 WIB
Kankemenag Dharmasraya Gelar Rakor Bahas Pelaksanaan Ibadah saat Pandemi Corona Kakankemenag Dharmasraya Abdel Haq didampingi Ketua MUI Aminullah Sallam, memimpin rakor bersama jajarannya.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Dharmasraya, Abdel Haq, meminta kepada Kepala KUA dan Penyuluh Agama yang ada di Kabupaten Dharmasraya untuk mempelajari dengan lengkap dalil dan informasi dari fatwa MUI terkait pelaksanaan ibadah dalam pandemi corona.

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi bersama Kepala KUA, penyuluh agama dan MUI di FKUB Kabupaten Dharmasraya, Kamis siang hingga sore, dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor: SE.6 Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1414 H di tengah Pandemi Wabah Covid-19.

Ia menyampaikan rasa syukur karena sudah mendapatkan juknis dan pedoman dari Kemenag RI dan fatwa MUI dari Sumbar. Salah satu isinya adalah Kabupaten Dharmasraya dikatakan rawan karena sebagai pintu masuk dari provinsi lain seperti Jambi dan pulau Jawa.

“Kami sangat mengharapkan Kepala KUA dan penyuluh agar mempelajari secara lengkap dengan dalil-dalilnya tentang Surat Edaran dari Kemenag dan MUI tersebut. Hal itu bisa jadi pegangan bagi kita. Karena setiap dalil seperti ayat dan hadist ada asbabun nuzulnya. Sebab masih banyak masyarakat yang suka memakai satu ayat dan hadist untuk menolak karena menurut mereka tidak memakmurkan mesjid ketika ada larangan berjamaah ke mesjid pada saat wabah corona,” terangnya.

Menurut Abdel Haq, pembatasan terkait shalat berjamaah bukan terjadi di Dharmasraya saja, tetapi sudah nasional, dan bahkan dunia. "Termasuk Negara Arab Saudi juga sudah membatasi orang untuk melaksanakan tawaf,"imbuhnya.

Dikatakannya, MUI itu terdiri dari banyak ulama yang sudah ahli, termasuk dari berbagai ormas islam. Jadi tidak mungkin fatwanya dibuat-buat, seasalnya yang tidak sesuai dengan rujukan agama. Itu sebabnya kita juga merujuk fatwa MUI. Dan tugas kita harus menguasai dalil yang dijadikan fatwa itu.

Kasubbag TU Kemenag Dharmasraya, Hamid Arwani memberitahukan bahwa dua ormas besar seperti NU dan Muhammadiyah juga sudah memberikan penjelasan tentang shalat Jumat yang diganti dengan shalat Dzuhur dan shalat berjamaah diganti dengan shalat di rumah saja. Termasuk dengan shalat taraweh yang juga dilaksanakan di rumah. Kemudian katanya, MUI juga sudah memberikan fatwa terkait hal ini. Selain itu, juga sudah ada Surat Edaran dari Kemenag RI.

Ketua MUI Kabupaten Dharmasraya, Aminullah Salam, S.Iq, menjelaskan, bahwa rapat-rapat dan pertemuan antar intansi dan tokoh masyarakat terkait penanggulangan covid-19 telah dilaksanakan.

“Kita ada pertemuan dengan pengurus mesjid, dengan bupati. Salah satu isinya adalah mesjid dan mushala di pinggir lintas untuk sementara waktu ditutup. Tidak melaksanakan shalat lima waktu berjemaah dan shalat Jumat. Kemudian diperpanjang waktunya. Pada akhirnya, semua mesjid dan mushala pun harus ditutup dan tidak hanya yang ada di pinggir Lintas Sumatera,” tuturnya.

“Untuk itu kita harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat dengan jawaban arif dan bijaksana. Apalagi kita akan menyambut bulan suci Ramadan. Belum lagi di daerah kita punya kebiasaan-kebiasaan tertentu. Kita harus bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Kemenag Dharmasraya menarik sebaih kesimpulan untuk menyamakan visi dengan Surat Edaran dari Menteri Agama, meminta kepada jajaran Kemenag Dharmasraya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama Kepala KUA dan penyuluh agama sebagai ujung tombak, kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Pemda, terkait pelaksanaan jenazah covid-19. Jika dibutuhkan, Kemenang siap melaksanakan pelatihan untuk Tim Penyelangara Jenazah dari pihak rumah sakit.(*)

Reporter : Maryadi /  Editor : NOVA

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]