Kejari Payakumbuh Siap Tindak Tegas Penyalahgunaan Bantuan dan Anggaran Covid-19


Kamis, 09 April 2020 - 18:05:19 WIB
Kejari Payakumbuh Siap Tindak Tegas Penyalahgunaan Bantuan dan Anggaran Covid-19 Suwarsono

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dua pemerintahan di Luak Limopuluah, yaitu Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota, serius dalam antisipasi penyebaran virus Corona. Buktinya saja, hampir Rp 50 miliar anggaran yang berasal dari APBD kedua daerah sudah disiapkan untuk antisipasi agar virus mematikan tersebut tidak menyebar.

Besarannya, Rp 37,8 miliar dari APBD Kota Payakumbuh dan Rp 15 miliar dari APBD Kabupaten Limapuluh Kota. Puluhan miliar rupiah anggaran tersebut, nantinya akan dimanfaatkan untuk mempercepat penanganan penyebaran virus Covid.

Menimbang hal itu, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh mengingatkan kedua pemerintahan yang berada di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Payakumbuh untuk tidak main-main dalam pemanfaatan anggaran penanganan penyebaran Covid-19 itu.

"Kita akan mengawal anggaran ini. Dan kita minta masyarakat juga ikut mengawal sehingga tidak terjadi penyimpangan," tegas Suwarsono, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh serta Robi Prasetya, Kepala Seksi Intelijen pada Kamis (9/4) siang.

Ditegaskan mantan Kepala Kejaksaan Negeri Ngada itu, jaksa bukan curiga terhadap penggunaan anggaran penanganan penyebaran Covid-19. Melainkan, korps Adhiyaksa tersebut mewanti-wanti agar tidak terjadi penyimpangan anggaran yang terbilang cukup besar tersebut.

"Kondisi sekarang sangat rawan terhadap penyimpangan. Karena itu perlu kita kawal bersama," terangnya.

Kepala Seksi Intelijen Robi Prasetya berharap, anggaran dalam penanganan penyebaran Covid-19 agar dimanfaatkan sesuai aturan yang berlaku dan benar-benar termanfaatkan serta tepat sasaran.

"Anggaran ini, harus benar-benar tepat sasaran dalam memutuskan penyebaran virus Covid-19," katanya. Mantan Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Meranti itu menegaskan apabila ditemukan adanya indikasi penyimpangan penggunaan anggaran, Kejaksaan Negeri Payakumbuh tak segan-segan untuk menindak tegas oknum yang bermain.

"Jangan coba main-mainkan anggaran. Apabila nanti kita temukan indikasi penyimpangan, pasti kita tindak tegas. Siapapun itu," tegas Robi Prasetya. (*)

loading...
Reporter : Dadang Esmana /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Oktober 2020 - 13:51:56 WIB

    DPO Kejari Sawahlunto Melawan Saat Ditangkap

    DPO Kejari Sawahlunto Melawan Saat Ditangkap HARIANHALUAN.COM - Terpidana kasus penipuan ratusan juta rupiah berhasil ditangkap setelah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) tim Intelijen Kejaksaan Agung bersama Tim Kejakaaan Tinggi Sumatera Barat dan Kejaksaan Negeri Sawa.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 22:29:12 WIB

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial HARIANHALUAN.COM - 22 Juli mendatang merupakan hari istimewa bagi Kejaksaan Negeri (Kejari) Payakumbuh. Kenapa tidak, pada tanggal tersebut merupakan hari lahirnya Kejaksaan di Republik Indonesia, 60 tahun silam. Karena itu, .
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 21:58:52 WIB

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) termasuk satu dari tujuh Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satuan kerja (Satker) menuju Wilayah Bebas .
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:27:32 WIB

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri dalam pengelolaan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah Pemkab Agam Martias Wanto mengatakan, pihaknya.
  • Selasa, 14 April 2020 - 18:51:37 WIB

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa?

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa? BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko Bukittinggi secepatnya meminta pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Bukittinggi terkait pergeseran (refusing) anggaran APBD yang akan digunakan untuk bantuan kepada masyarakat terdampak C.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]