Cegah Corona, Ujian Temus Kemenag Sumbar Pakai Android


Kamis, 09 April 2020 - 18:43:41 WIB
Cegah Corona, Ujian Temus Kemenag Sumbar Pakai Android Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Meski di tengah kondisi pendemi virus Corona (Covid-19), Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar tetap melaksanakan rekrutmen calon Tenaga Musiman (TEMUS) penyelesaian dokumen penyelenggaraan Haji Tahun 1441 H/ 2020 M dengan inovasi terbaru.

Kali ini pelaksanaan rekrutmen calon tenaga musiman (TEMUS) dilakukan secara online di rumah masing-masing calon peserta dengan menggunakan handphone android.

Kepala Bidang Haji dan Umroh, H. Efrizal mengatakan, di tengah pandemi Corona di Indonesia yang saat ini juga sudah menyerang Sumbar, termasuk Kota Padang. Maka berdasarkan Surat Edaran (SE) Menag Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) didalamnya menjelaskan untuk melakukan pertemuan diupayakan melalui teknologi yang bisa digunakan tanpa harus melakukan pertemuan tatap muka.

"Maka kita melakukan relrutmen Tenaga Musiaman kali ini menggunakan sistem online," kata Efrizal, Kamis (9/4/2020).

Efrizal menambahkan, bagi calon peserta yang mendaftar berjumlah 53 orang dan 2 orang tidak mencantumkan nomor handphone di surat lamaran. Sehingga tidak bisa digabungkan dalam grup peserta Rekrutmen Tenaga Musiman ini.

"Grup ini telah dibuat sebelumnya oleh panitia rekrutmen Tenaga Musiman Tahun 2020, dimana panitia menggabungkan calon peserta berdasarkan nomor handphone yang dicantumkan pada surat lamaran," jelas Efrizal.

Lebih lanjut, kata Efrizal, seluruh peserta harus membuka link bit.ly/temus yang telah dikirim panitia ke dalam grup, dan 15 menit sebelum ujian dimulai peserta mengisi biodata. Kemudian 5 menit menjelang ujian dimulai akan diberikan token masing-masing untuk memulai mengerjakan tugas.

Lebih lanjut H. Efrizal menyampaikan prosedur pelaksanaan rekrutmen Tenaga Musiman Haji Tahun 2020 yang dilaksanakan secara online dirumah masing masing. Peserta wajib mengisi seluruh jawaban dari keseluruhan soal dengan waktu pelaksanaan 45 menit, lewat dari waktu yang ditentukan peserta tidak dapat lagi mengerjakan soal. Setiap peserta yang telah selesai mengerjakan soal ujian, harus mengklik tombol “UJIAn SELESAI”, untuk dapat mengetahui hasil ujian.

Efrizal menyebutkan, untuk peserta yang telah memiliki pengalaman menjadi Tenaga Musiman selama 3 tahun lebih berhak langsung mengikuti tes wawancara. Bila tidak ada peserta yang lulus passsinggrate, maka diambil dari nilai tertinggi untuk mengikuti tes wawancara.

"Di sela kondisi yang kurang kondusif ini, kita tetap dapat mengadakan kegiatan sebagai pelaksanaan tugas nan fungsi kita sebagai ASN, ini juga merupakan  rahmat Allah SWT. Dan ini merupakan seleksi temus yang terbaik tahun ini, karena dilaksanakan secara transparan untuk menghindari adanya penyimpangan dan tidak ada nepotisme. Semoga saja akan mendapatkan hasil yang terbaik, dalam pelayanan haji tahun ini," harap Efrizal. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]