Seorang PDP di Agam Dimakamkan dengan Protokol Corona


Kamis, 09 April 2020 - 20:36:26 WIB
Seorang PDP di Agam Dimakamkan dengan Protokol Corona Pemakaman jenazah PDP Agam dilakukan dengan protokol Covid-19 di Manggopoh.

AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) Corona Virus Disease (COVID-19) asal Kabupaten Agam, menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi, Kamis (9/4/2020).

Pemakaman jenazah dilakukan sesuai dengan protokol Covid-19, walaupun hasil pemeriksaan laboratorium yang bersangkutan belum diketahui positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Agam Indra Rusli di Lubuk Basung membenarkan seorang PDP Agam meninggal. Sebelumnya almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung.

"Ya seorang PDP dengan jenis kelamin laki-laki meninggal saat perawatan di RSAM Bukittinggi. Yang bersangkutan meninggal dalam perawatan sekitar pukul 04.00 WIB, dulu pernah dirawat di Lubuk Basung," jelasnya.

Almarhum sudah beberapa kali dirawat di RSUD Lubuk Basung, analisa dokter yang bersangkutan mengidap sakit Tuberkulosis (TB).

"Setelah mendapatkan perawatan, almarhum sehat dan diperbolehkan pulang. Namun penyakit kambuh lagi dan dibawa ke RSUD Lubuk Basung, kemudian dirujuk ke RSAM," jelasnya.

Meski demikian, perawatan dilakukan dengan standar operasional prosedur COVID-19, karena yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari wilayah pandemi dari Jakarta.

"Jasad korban tadi sudah dibawa dari RSAM Kota Bukittinggi untuk dimakamkan di Manggopoh Lubuk Basung, Agam. Kami terus menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan, sehingga terhindar dari pandemi virus Corona," jelasnya.

Beberapa waktu yang lalu juga dilakukan Pemakaman sesuai protokol Covid 19 terhadap jenazah orang dalam pengawasan yang diduga suspect di Gasan, Nagari Tiku. Tenaga medis menguburkan jenazah dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. (*)

Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]