Gojek Gelar Rapid Test Gratis, Ini Lokasinya


Kamis, 09 April 2020 - 21:14:37 WIB
Gojek Gelar Rapid Test Gratis, Ini Lokasinya Petugas Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan rapid test dengan metode drive thru di Serpong, Tangerang Selatan, Banten Rabu (8/4/2020) lalu. Foto: Bisnis.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memberi izin Gojek-Halodoc untuk melakukan rapid test untuk masyarakat umum. Rapid test itu akan digelar pada 10-17 April, dengan menggunakan sistem drive thru.

Kedua perusahaan startup itu juga menggandeng Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai tim medis lapangan, dan Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area pelaksanaan rapid test COVID-19. Untuk sementara waktu, layanan test drive thru cuma dihelat di Jakarta.

“Dengan dukungan teknologi, Halodoc ingin memudahkan masyarakat untuk melakukan skrining awal yang mudah, akurat, dan sejalan dengan himbauan physical distancing untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat,” kata CEO Halodoc, Jonathan Sudharta, dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Kamis (9/4/2020).

Sementara itu, Co-CEO Gojek Group Andre Soelistyo mengatakan, kolaborasi ini akan mempercepat akses bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan tes virus corona.

Diharapkan, kata Andre, penyebaran COVID-19 akan semakin mudah terpetakan dan bisa ditekan penyebarannya. Untuk mendapatkan layanan ini, peserta wajib melakukan konsultasi jarak jauh dengan dokter yang khusus menangani COVID-19 lewat aplikasi Halodoc.

Layanan konsultasi Halodoc ini juga dapat diakses oleh jutaan masyarakat melalui aplikasi Gojek dengan memilih shuffle card Check COVID-19 yang tersedia pada tampilan aplikasi Gojek.

Selanjutnya, jika dokter menilai pengguna perlu dirujuk untuk melakukan rapid test sebagai tes lanjutan, maka pengguna cukup mengklik BOOK APPOINTMENT pada rangkuman chat dokter untuk menentukan tempat dan waktu pemeriksaan.

Pada saat melakukan pemeriksaan, pengguna dihimbau untuk datang ke lokasi dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi, atau menggunakan layanan transportasi online dengan tetap memperhatikan panduan keamanan selama perjalanan.

Hasil pemeriksaan akan diinformasikan 1 hari setelahnya melalui SMS atau aplikasi Halodoc. Jika hasilnya positif, maka akan direkomendasikan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter di Halodoc untuk menentukan penanganan selanjutnya, misalnya isolasi mandiri maupun pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit rujukan Covid-19.

Pemeriksaan rapid test ini sendiri akan menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil kemudian akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Sehingga, pasien pada tahap awal infeksi dapat diidentifikasi lebih cepat. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]