Pessel Sebut Belum Ada TKI yang Terkonfirmasi Pulang


Kamis, 09 April 2020 - 23:05:46 WIB
Pessel Sebut Belum Ada TKI yang Terkonfirmasi Pulang Kepala Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans), Sirdin Masrul.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat mengaku hingga kini belum ada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal daerah itu dari Malaysia yang tercatat pulang kampung.

Kepala Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans), Sirdin Masrul menyampaikan pihaknya telah melakukan koordinasi terkait pemulangan tenaga kerja ke seluruh Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

"Ya, sudah kami hubungi. Sampai kini belum ada informasinya," ungkapnya pada Harianhaluan.com di Painan, Kamis (9/4/2020).

Berdasarkan data Disnakertrans, total TKI Pessel pada 2019 yang ada di Malaysia sebanyak 152 orang. Semuanya merupakan tenaga kerja skill yang bekerja di berbagai perusahaan di Negeri Jiran itu.

Sementara berdasarkan data Keulangan TKIData dari Pelabuhan Karimun, Kepulaun Riau ke Pelabuhan dumai, Riau untuk kepulau sumatera terpantau sebanyak 34 orang tujuan Sumatera Barat.

Kendati demikian, dari jumlah itu hingga kini belum ada kepastian yang menuju pessel. Saat ini, dirinya mengaku pihaknya terus berkoordinadi dengan Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat.

"Kalau ada, tentu akan segera kami laporkan. Tapi mereka itu bukan TKI, namun pekerja yang berangkat tanpa melalui PJTKI," terang dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meminta aparat pemerintah menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap TKI yang pulang terkait covid-19, terutama mereka yang pulang dari Malaysia.

Soal penanganan, presiden menegaskan 4 empat tindakkan. Pertama, menjalankan protokol kesehatan secara ketat di setiap pintu masuk wilayah, baik melalui darat, laut dan udara.

Kedua, menegaskan setiap WNI yang tidak memiliki gejala covid dizinkan pulang ke daerah, namun dengan status orang dalam pemantauan (ODP). Mereka diminta harus menjalankan isolasi mandiri dengan disiplin ketat.

"Ketiga, bagi yang memiliki gejala Covid harus diisolasi di rumah sakit yang telah disiapkan.
Sedangkan yang Ke-empat adalah pemerintah menyiapkan bantuan sosial bagi seluruh TKI yang pulang dari negara lain," tutupnya. (*)

Reporter : Efrizal /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]