Antisipasi Efek Covid-19, Kepala DPM Perintahkan Nagari Anggarkan Dana PKT


Jumat, 10 April 2020 - 15:39:51 WIB
Antisipasi Efek Covid-19, Kepala DPM Perintahkan Nagari Anggarkan Dana PKT Kepala DPM Pasaman, Hasiholan Hutagalung, meninjau pelaksanaan program PKT di Nagari Pauh, Lubuksikaping.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah Pemerintah Nagari di Kabupaten Pasaman mulai menjalankan program Padat Karya Tunai (PKT) untuk mengurangi dampak ekonomi terhadap masyarakat akibat pandemi virus Corona (Covid-19). Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, Hasiholan Hutagalung mengatakan, bahwa PKT adalah program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengurangi kemiskinan di nagari (desa) akibat terdampak bencana virus mematikan itu. 

"Alhamdulillah, untuk mengurangi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19, di Kabupaten Pasaman mulai dilaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT)," ungkap Hasiholan, saat dihubungi harianhaluan.com, Jumat (10/4/2020).

Adapun salah satu nagari yang telah mulai melaksanakan kegiatan PKT adalah Nagari Pauh di Kecamatan Lubuksikaping, dengan nilai kegiatan sebesar Rp100 juta untuk dua item kegiatan, yakni rabat beton dan pemasangan beton jalan. "Adapun program PKT ini, berupa  pembangunan rabat beton sepanjang 50 meter dan pemasangan beton jalan sepanjang 100 meter, dengan dana masing-masing Rp50 juta," katanya. 

Menariknya dari program PKT itu, kata Hasiholan, pekerjanya memberdayakan tenaga lokal alias warga setempat. Tiap item kegiatan memperkerjakan belasan warga sekitar yang terdampak Covid-19. "Masing-masing kegiatan mempekerjakan sebanyak sepuluh orang warga yang berasal dari warga Nagari Pauh yang terdampak covid-19. Kepada nagari yang sudah melaksanakan PKT ini, saya ucapkan terimas kasih," ujar Holan. 

Bahkan, kata dia, pihaknya bersama unsur terkait sudah meninjau dua lokasi kegiatan PKT di Nagari Pauh itu. Pelaksanaan PKT ini, kata dia, sesuai dengan instruksi Menteri Desa, Pembangunanan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) serta Menteri Dalam Negeri. "Dimana akibat wabah Covid 19, telah berdampak serius terhadap sendi sendi ekonomi masyarakat, terutama di pedesaaan atau nagari," kata dia. 

Untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi masyarakat ditengah badai virus Corona ini, pihaknya meminta seluruh nagari yang belum merencanakan kegiatan padat karya tunai (PKT) ke dalam anggaran pendapatan belanja nagari masing-masing agar segera melakukan perubahan APBNagari. "Bagi nagari yang sudah merencanakan kegiatan PKT dalam APB Nagarinya, segera melaksanakannya melalui pengelolaan secara swakelola, dengan menggunakan pekerja masyarakat setempat yang terdampak covid19," tambah Hasiholan.

Hasiholan mengingatkan, dalam pelaksanaan kegiatan PKT ini, nagari harus mengikuti protocol kesehatan  yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tiap pekerja, kata dia, harus menjaga jarak dengan pekerja lain dan selalu menggunakan masker. "Pencegahan perlu kita lakukan, agar virus corona ini tidak semakin menyebar dan mewabah," pungkasnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]