Cegah Corona, Satlantas Polres Pasaman Ajak Pengguna Jalan Pakai Masker


Jumat, 10 April 2020 - 15:53:50 WIB
Cegah Corona, Satlantas Polres Pasaman Ajak Pengguna Jalan Pakai Masker Petugas polisi Satuan Lalulintas Polres Pasaman saat menegur dan memberikan masker kepada salah seorang pengguna jalan di daerah itu, dalam kegiatam Operasi Keselamatan Lalulintas 2020. Dokumen Humas Polres Pasaman

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Satuan Lalulintas Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, Sumatra Barat mengimbau pengguna jalan menggunakan masker sebagai salah satu kegiatan Operasi Keselamatan Berlalulintas 2020 di tengah situasi pandemi virus covid-19 di daerah itu. Kegiatan tersebut dipusatkan di ruas jalan protokol Lubuksikaping yang merupakan kawasan tertib lalulintas dan beberapa titik awas lainnya. 

"Selain imbauan, kami juga membagikan masker gratis bagi pengendara roda dua yang melintas," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres setempat, AKP Bezaliel Mendrofa melalui Kanit Dikyasa satuan tersebut, Bripka Joko Sulistio, Jumat (10/4/2020).

Selain kegiatan tersebut, lanjutnya, pihaknya juga melakukan imbauan -imbauan kepada seluruh masyarakat agar tidak mudik sebagaimana kebiasaan tahun sebelumnya menjelang masuknya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini. Langkah tersebut dilakukan pihaknya sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 serta menekan risiko terjadinya kecelakaan yang masih menjadi mesin pembunuh terbesar di Indonesia.

"Dengan adanya dua ancaman sekaligus yang bisa menyebabkan kematian, maka langkah mematuhi anjuran tetap berada dirumah adalah hal yang paling masuk akal dilakukan saat ini," jelasnya.

Untuk langkah menyosialisasikan imbauan tersebut, pihaknya bersama seluruh jajaran Polres Pasaman dibawah kendali Kapolres setempat, AKBP Hendri Yahya yang juga telah memasang sejumlah spnaduk dan baliho di sejumlah titik strategis dan menempelkan stiker berisi imbauan tidak mudik di sejumlah angkutan umum dan kendaraan milik pribadi masyarakat.

Upaya itu, menurutnya, dilakukan agar setiap masyarakat yang ada di daerah itu bisa menyampaikan ke sanak familinya agar mengurungkan niat untuk mudik dan tetap berada di lokasi masing-masing demi memudahkan pemerintah memantau potensi dan risiko penyebaran virus tersebut. "Mobil truk bawa kentang lewat di jalan tol, meskipun tak bisa pulang kan bisa video call," imbaunya.

Sementara itu, Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya, dalam setiap kesempatan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjalankan standar protokol kesehatan dan tetap mematuhi aturan berlalulintas bagi setiap pengguna jalan. Kepada seluruh petugas kepolisian baik di markas dan pos komando serta yang bertugas di lapangan agar tetap mendahulukan keselamatan diri.

"Tetap jaga kondisi tubuh dan pastikan anda semua tidak membawa risiko terpapar covid-19 dan tetap jaga jarak aman secara fisik terhadap siapapun," imbaunya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]