ASN Tak Boleh Cuti Selama Pandemi Corona


Jumat, 10 April 2020 - 16:36:36 WIB
ASN Tak Boleh Cuti Selama Pandemi Corona Menpan RB Republik Indonesia (RI), Tjahjo Kumolo. Foto: KemenPAN-RB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian dan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan larangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mudik dan cuti selama masih ada pandemi virus Corona di Indonesia. ASN dan keluarganya dilarang melakukan kegiatan ke luar daerah atau mudik, untuk mengurangi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang disebabkan mobilitas penduduk dari satu daerah ke daerah lain.

Dilansir dari laman resmi Kementerian PAN-RB, Jumat (10/4/2020), larangan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 46 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti Bagi ASN dalam Upaya Pencegahan Covid-19. SE ini mengganti dan mencabut SE No. 36 dan No. 41 Tahun 2020.

ASN dan keluarganya tidak diperkenankan pergi ke luar daerah selama penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19. Apabila ASN perlu bepergian ke luar daerah dalam keadaan terpaksa atau genting, maka ASN tersebut harus mendapatkan izin dari Pejabat yang Berwenang atas delegasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

ASN juga tidak diperkenankan cuti selama berlakunya Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19. Dalam SE tersebut ditegaskan, PPK di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah agar tidak memberikan izin cuti bagi ASN. Namun, PPK masih dapat memberikan cuti bagi ASN yang melahirkan, cuti sakit, atau cuti karena alasan penting.

Cuti dengan alasan penting hanya diberikan jika keluarga inti dari ASN sakit keras atau meninggal dunia. Pemberian cuti tersebut dilakukan secara akuntabel sesuai dengan syarat yang diatur dalam PP No. 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan PP No. 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Surat Edaran yang ditandatangani oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada tanggal 9 April 2020 tersebut, juga berisi tentang disiplin pegawai, termasuk pemberian hukuman disiplin sebagaimana diatur dalam PP No. 53/2010 tentang Disiplin PNS. SE tersebut juga mengupayakan pencegahan dampak sosial Covid-19 dengan mendorong partisipasi masyarakat.

SE tersebut mulai berlaku sejak 9 April 2020, sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut. (*)

 Sumber : KemenPAN-RB /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 13:28:48 WIB

    Awas! ASN Jangan Nekat Mudik, Sanksi Berat Siap Menanti

    Awas! ASN Jangan Nekat Mudik, Sanksi Berat Siap Menanti HARIANHALUAN.COM -- Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan aturan mengenai pembatasan kegiatan mudik bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 14 tahun 2020 Pel.
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 06:20:03 WIB

    Mohon Bersabar! ASN & Pegawai BUMN Batal Libur di 22 Mei    

    Mohon Bersabar! ASN & Pegawai BUMN Batal Libur di 22 Mei     HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah menetapkan tanggal 22 Mei 2020 bukan hari cuti bersama bagi aparatur sipil negara (ASN) maupun pegawai di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)..
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 22:19:59 WIB

    Pengumuman : WFH ASN Diperpanjang hingga 29 Mei

    Pengumuman : WFH ASN Diperpanjang hingga 29 Mei Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Tjahjo Kumolo, meneken surat edaran memperpanjang pelaksanaan kebijakan bekerja di rumah atau work from home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga 29 Mei 2020 mendatang..
  • Senin, 27 April 2020 - 20:11:54 WIB

    Inilah Pedoman Sanksi bagi ASN yang Abaikan Ketentuan Larangan Mudik

    Inilah Pedoman Sanksi bagi ASN yang Abaikan Ketentuan Larangan Mudik NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 11/SE/IV/2020 Tentang Pedoman Penjatuhan Hukuman Disiplin Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Melakukan Kegiatan Beperg.
  • Senin, 27 April 2020 - 08:27:07 WIB

    Ini 3 Kategori ASN yang Bakal Dapat Sanksi karena Nekat Mudik

    Ini 3 Kategori ASN yang Bakal Dapat Sanksi karena Nekat Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM --Pemerintah, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), sejak awal April 2020 telah menyebutkan ada larangan mudik bagi aparatur sipil negara (A.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]