Miris! Tersangka Pencurian di SMPN 30 Padang Ternyata masih Anak-anak


Jumat, 10 April 2020 - 17:26:03 WIB
Miris! Tersangka Pencurian di SMPN 30 Padang Ternyata masih Anak-anak Tersangka pencurian di SMPN 30 Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Empat tersangka pencurian yang beraksi di SMPN 30 Padang berhasil diamankan polisi, dalam waktu 1x24 jam usai kejadian tersebut. Sedangkan, 2 tersangka lainnya masih dilakukan pengejaran oleh petugas. Miris, empat tersangka yang diamankan ini adalah anak dibawah umur yang rata-rata masih berusia 15 tahun. 

Informasi yang dihimpun harianhaluan.com, pencurian di SMPN 30 Padang yang berlokasi di Jalan Baru Andalas, Nomor 15 Kecamatan Padang Timur pada Selasa (7/4/2020) tersebut berhasil diungkap Unit Reskrim Polsek Padang Timur. Para tersangka ini berhasil diamankan di dua titik berbeda pada Rabu (8/4/2020) sekitar pukul 08.00 WIB.

Penangkapan itu berawal dari dua tersangka berinisial RR (15) dan HMR (15) yang merupakan warga Padang Timur. Keduanya ditangkap tidak jauh dari sekolah tersebut dan tengah menyimpan barang hasil curiannya di sebuah gudang kosong. Keduanya pun langsung digelandang petugas ke Mapolsek Padang Timur. 

Keduanya pun bernyanyi jika melakukan pencurian itu dengan teman lainya yang berinisial AP (16) dan DV (15). Polisi langsung bergerak cepat, keduanya pun juga berhasil ditangkap di sebuah rumah yang tak jauh dari SMP 30. Ketika polisi akan melakukan penangkapan terhadap dua orang lagi, mereka berhasil kabur dan sampai saat ini masih dikejar oleh polisi. 

Kapolsek Padang Timur, AKP Joko Hendro Lasmono, Jumat (10/4/2020) mengatakan, keempat tersangka ini berhasil ditangkap di dua titik berbeda di Kota Padang, sedangkan dua orang lainnya berhasil melarikan diri. Setelah menerima laporan, kita langsung melakukan penyelidikan dan didapatlah lokasi para tersangka ini. 

"Dari tangan para tersangka, kita berhasil mengamankan barang bukti berupa empat tas mewah berbagai merek, satu tabung gas elpiji 3 Kilogram, dua komputer, satu monitor, empat proyektor berbagai merek, 3 pasang speaker, 2 pasang sepatu dan sebilah pisau tanpa gagang yang digunakan untuk mencongkel pintu jendela sekolah tersebut," ungkapnya. 

Dikatakannya lagi, para tersangka ini masuk melalui jendela yang sudah dicongkel, sedangkan dua tersangka lainnya berjaga-jaga di luar sekolah untuk mengawasi. Saat melakukan aksi, para tersangka ini juga membagi tugas masing-masing. Selain itu, salah seorang tersangka ini ingin terlihat keren dengan menulis pesan di papan tulis salah satu kelas di sekolah tersebut.

"Mereka mempergunakan kesempatan dimana security lengah. Disitulah mereka beraksi. Untuk ancaman hukuman, keempatnya dikenai Pasal pencurian 363 KUHPidana jo Undang - Undang No.11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak diatas lima tahun penjara. Kita juga akan berkoordinasi dengan Lapas Anak," ungkap mantan Kasat Reskrim Polres Bukitinggi tersebut. (*)

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]