Kontak dengan PDP, 25 Warga Mentawai Dinyatakan Negatif Rapid Test


Jumat, 10 April 2020 - 17:48:14 WIB
Kontak dengan PDP, 25 Warga Mentawai Dinyatakan Negatif Rapid Test ilustrasi rapid test

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Sedikitnya 33 orang terdeteksi melakukan kontak dengan salah seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kepulauan Mentawai. Semuanya juga disarankan untuk mengikuti Rapid Test guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Dimana, 25 orang dari 33 orang yang ikut rapid tersebut dinyatakan negatif, sementara sisanya akan dites pada besok hari. 

Hal tersebut dikatakan Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar kepada harianhaluan, Jumat (10/4/2020) di Tuapejat. Jadi setelah ditetapkan PDP salah seorang mahasiswi pada Rabu kemarin, tim gugus tugas langsung mengambil tindakan mencari siapa saja yang berkontak dengan PDP ini.  

"Sementara, sudah ditemukan 33 orang, 25 sudah mengikuti Rapid Test dan hasilnya negatif, sisanya ditest besok," paparnya.

Dia menyebutkan, tim gugus tugas masih melakukan penelusuran jejak PDP di Mentawai, khususnya di wilayah dusun tempat dia tinggal dan mengisolasi dirinya saat masih berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) sejak 27 Maret lalu. Apabila ditemukan lagi warga yang sempat terkontak dengan PDP, kata Lahmuddin yang juga selaku Kadinkes Mentawai tersebut, maka yang bersangkutan diwajibkan ikut rapid test.

"Jumlah ini bisa saja bertambah, sekarang tim gugus tugas terus melakukan pengawasan terhadap masyarakat, khususnya di sekitar daerah tempat tinggal PDP. Kita minta juga kepada masyarakat untuk jujur kepada tim gugus tugas apabila pernah terkontak dengan pasien," tutupnya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]