Cerita Muhammad Afif Raihan, Ketua OSIS yang Jago Beladiri dan Hafiz Quran 4 Juz


Jumat, 10 April 2020 - 20:26:02 WIB
Cerita Muhammad Afif Raihan, Ketua OSIS yang Jago Beladiri dan Hafiz Quran 4 Juz Muhammad Afif Raihan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Muhammad Afif Raihan, benar-benar patut dijadikan contoh bagi remaja se-usianya. Pemuda kelahiran Talu, 21 Februari 2005 ini dipercaya sebagai Ketua OSIS di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat.

Afif, sapaan akrabnya juga memiliki segudang prestasi dalam kancah beladiri dan ternyata juga hafiz Quran 4 juz.

"Kalau hafalan Quran alhamdulillah ada sekitar 4 juz. Kemudian ada beberapa prestasi juga di bidang beladiri. Afif pernah meraih perunggu pada O2SN takraw tingkat Kab. Pasbar, mengikuti pelatihan Dianpinru Pasbar, mengikuti pelatihan kepemimpinan tingkat Sumbar (JSIT), meraih emas Gala Siswa Indonesia tingkat Kab. Pasbar, meraih perak kejurda beladiri shorinji kempo tingkat Prov. Sumbar," ungkapnya.

Putra sulung dari pasangan Armi Ningdel dan Novia Sri Yanti ini mengisahkan, kunci prestasi yang diraihnya adalah berpandai-pandai dalam bertindak.

Kepada Haluan.com ia menceritakan bagaimana ia mengatur rutinitas hariannya sejak pukul 04.00 pagi hingga waktunya istirahat sekira pukul 21.45 malam.

"Kuncinya Afif sungguh-sungguh mengikuti jadwal yang sudah ditentukan. Misalnya pukul 04.00 bangun, kemudian beribadah, belajar tahfiz pukul 07.30-08.50, olahraga mandiri dan lain-lain, pokoknya dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan," ungkapnya.

Selain itu, menurut penuturan Afif dukungan orang tua dan orang-orang terdekat juga memegang peranan penting dalam menjalani hari-harinya.

"Orang tua selalu mendukung secara moril dan materil, guru selalu memotivasi dan mengajar, sedangkan teman-teman selalu memberi semangat, kalau bukan karena mereka, Afif yakin tidak akan bisa meraih semua prestasi ini," ungkapnya.

Senada dengan itu, Afif menjelaskan ketika mengikuti lomba kejurda shorinji kempo di Kota Payakumbuh, ia sempat tak percaya diri, namun berkat dukungan orang terdekatnya ia berhasil melaju hingga ke final.

"Saat itu Afif sudah sampai semi final, akan tetapi sempat tak percaya diri bisa menang dalam lomba karena terdapat cedera bagian kaki. Akan tetapi, Afif selalu didukung oleh semua teman-teman, dengan semangat yang mereka memberikan semangat dan percaya diri Afif tumbuh kembali dan karena semangat yang selalu mereka memberikan Afif bisa mencapai final mewakili Pasbar," jelasnya haru.

Diakuinya, selain orang tua yang selalu memotivasinya, ia juga suka membaca kisah-kisah para pejuang Islam dan pejuang Indonesia sehingga membuatnya terus termotivasi menggapai cita-cita.

"Hal yang memotivasi diri saya adalah orang tua saya sendiri, beliau berdua selalu memotivasi saya dengan berkata 'kenapa mereka bisa kita tak bisa'. Dan satu hal lagi yang memotivasi diri saya yaitu kisah para pejuang Islam dan negara RI yang berjuang di medan perang hingga syahid. Itulah hal yang memotivasi diri saya untuk terus berjuang dalam menggapai cita-cita dan prestasi saya," ucapnya.

Ia berpesan kepada pemuda /remaja milenial yang sekarang ini untuk selalu menjaga waktu sebaik-baiknya. 

"Waktu itu bagaikan sebuah emas yang berharga, dan jangan pernah sia-siakan waktu yang telah diberikan kepada kita, gunakanlah waktu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan kembangkanlah semua bakat yang kalian miliki karena itu salah satu kelebihan yang diberikan Tuhan untuk kita. Di bidang apapun yang kita sukai teruslah semangat, pantang mundur dalam meraih prestasi," tutupnya. (*)

Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : NOVA

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]