Bak Mukjizat, Kakek 101 Tahun Berhasil 'Kalahkan' Virus Corona


Sabtu, 11 April 2020 - 07:20:24 WIB
Bak Mukjizat, Kakek 101 Tahun Berhasil 'Kalahkan' Virus Corona Kakek 101 di Inggris berhasil sembuh dari Corona. Ist

LONDON, HARIANHALUAN.COM -- Seorang pria berusia 101 tahun telah dipulangkan dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona.

Keith Watson, dari Worcestershire, Inggris, dirawat untuk menjalani operasi setelah terjatuh, tetapi suhu tubuhnya kemudian naik dan dinyatakan positif COVID-19.

Menantu perempuannya, Jo Watson, menggambarkannya "luar biasa untuk usianya", namun dia "bingung" terhadap reaksi masyarakat atas kesembuhannya.

Dia mengatakan setelah mengunggah kisah ini ke Facebook dari rumah sakit di Worcestershire, reaksi pengguna media sosial di luar perkiraannya. "Agak gila," ujarnya.

Unggahan itu mendapat lebih dari 500 komentar dan telah dibagikan lebih dari 3.000 kali.

Sang menantu mengatakan: "Dia baik-baik saja, dia sudah dipulangkan kemarin (Rabu, 8 April 2020).

"Kami tidak tahu-menahu tentang reaksi di Facebook, hingga salah-seorang anggota keluarga mengungkapkannya dan ini menjadi agak gila."

"Dia berada di rumah sakit setelah terjatuh di rumah perawatannya dan membutuhkan operasi, dan ini merupakan cobaan cukup besar pada seorang yang berusia 101 tahun, tapi dia berhasil melewati itu."

"Dia menunjukkan tanda-tanda peningkatan suhu dan rumah sakit mengambil semua tindakan pencegahan, melakukan tes dan dia kembali positif."

Watson mengatakan ayah mertuanya telah kembali ke rumah perawatannya dan "mengeluh tentang rasa sakit di kakinya", tetapi "tidak ada keluhan lainnya".

"Setelah masuk rumah sakit untuk menjalani operasi adalah satu hal dan kemudian ketika kami tahu dia dinyatakan positif, kami berpikir yang terburuk ... tapi dia luar biasa untuk seusianya."

Pasien tertua di India pulih dari Covid-19

Di India, seorang lelaki berusia 93 tahun menjadi pasien tertua di negara itu yang selamat dari infeksi virus Corona, kata para dokter.

Pria itu dan istrinya, yang berusia 88 tahun, pulih setelah dinyatakan positif sekitar sebulan yang lalu, dan akan dipulangkan dalam beberapa hari, kata pejabat rumah sakit.

Pasangan itu tinggal di negara bagian selatan Kerala, dan terinfeksi dari putri dan menantu mereka yang baru kembali dari Italia.

Pemulihan pasangan tua ini menjadi berita utama di seluruh negeri, dan dipuji oleh para pakar kesehatan karena keduanya juga menderita masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia. Si laki-laki menderita hipertensi dan diabetes kondisi bawaan yang terbukti berakibat fatal pada banyak kasus di seluruh dunia.

Kondisi pria itu, kata dokter kepada BBC, sempat memburuk sebentar dan menggunakan ventilator selama 24 jam, sebelum berangsur pulih.

Dokter RP Renjin, salah seorang anggota tim yang merawat pasangan suami-istri itu di Rumah Sakit Kottayam Medical College, mengatakan mereka cukup sulit dan suka marah-marah ketika pertama kali dirawat di rumah sakit tiga minggu lalu.

Keluhan terbesar mereka: dipisahkan satu sama lain di Unit Perawatan Intensif (ICU). Tapi staf rumah sakit akhirnya menemukan dua kamar yang dipisahkan oleh sekat kaca, sehingga mereka bisa melihat satu sama lain.

"Mereka senang begitu kita menempatkan mereka di sana," kata dr. Renjin. Ia menambahkan bahwa para stafnya sangat menyukai pasangan itu, dan menyebut mereka "ibu dan ayah" karena sayang.

Pasangan itu tertular virus Corona dari putri dan menantu mereka yang kemudian dikenal sebagai "pasangan Italia" setelah mereka diberitakan melewatkan screening di bandara saat kedatangan mereka.

Mereka akhirnya harus dilacak oleh tenaga kesehatan, tapi sudah terlanjur menginfeksi beberapa anggota keluarga. (*)

/ Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]