Begini Posisi Duduk di Bus Jika Ingin Tetap Pulang Kampung


Sabtu, 11 April 2020 - 07:44:49 WIB
Begini Posisi Duduk di Bus Jika Ingin Tetap Pulang Kampung Ilustrasi terminal. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) Jakarta resmi berlaku Jumat (10/4/2020). Berlakunya PSBB Jakarta memang membatasi aktivitas masyarakatnya agar penanganan virus corona bisa cepat selesai.

PSBB Jakarta yang berlaku menyebabkan adanya pembatasan transportasi baik pribadi maupun umum. Transportasi umum seperti bus antar kota antar provinsi (AKAP) masih boleh beroperasi dengan syarat hanya boleh diisi oleh setengah dari kapasitas tempat duduknya.

Kurnia Lesani Adnan, Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), mengatakan, bus AKAP yang beroperasi mengikuti anjuran dari pemerintah untuk hanya mengisi 50 persen dari kapasitas bus.

“Pastinya sesuai dengan protokol dari pemerintah seperti mengurangi kapasitas penumpang hanya diisi 50 persen dari jumlah seat,” ucap pria yang biasa disapa Sani dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Sani juga menjelaskan kalau posisi duduk pada kabin bus diisi secara zig-zag antar barisnya. Lalu dengan penumpang yang satu baris, diberi jarak satu kursi. Upaya ini dilakukan agar tercipta jarak aman antar penumpang.

Begitu juga yang dikatakan oleh Anthony Steven Hambali, Pemilik dari PO Sumber Alam. Anthony mengatakan kalau posisi duduk antar penumpang diberi jarak satu kursi. Selain itu posisi duduknya bisa sesuai kenyamanan dari penumpang.

“Posisi duduknya diberi jarak satu bangku. Untuk posisi di belakang bebas, senyamannya penumpang, asal tetap menjaga jarak,” ucap Anthony. (*)

 Sumber : Kompas com /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]