10 Makanan dan Minuman yang Bisa Menghilangkan Stres


Sabtu, 11 April 2020 - 07:59:33 WIB
10 Makanan dan Minuman yang Bisa Menghilangkan Stres Ilustrasi jeruk. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah kecemasan dan kekhawatiran karena angka penularan virus Corona yang terus meninggi, dan tekanan ketika bekerja dari rumah, sepertinya hijabers perlu memastikan jenis makanan apa saja yang berpotensi menurunkan kecemasan dan stress.

Sejumlah makanan, selain mengandung gizi yang bagus ternyata juga memiliki kandungan yang bisa membantu kita menurunkan tingkat stres dan kecemasan yang sedang kita rasakan. Ada 10 makanan dan minuman yang bisa membantu mereduksi tingkat stres dan kecemasan yang sedang Anda rasakan.

Berikut 10 makanan dan minuman tersebut:

1. Teh Herbal 

Teh herbal membantu meningkatkan rasa kehangatan dan ketenangan. Sandra Meyerowitz, MPH, RD, seorang pelatih nutrisi online dan pemilik Nutrition Works di Louisville, Kentucky, mengatakan meminum secangkir teh hangat adalah salah satu cara untuk membuat diri Anda merasa lebih tenang.  

Meyerowitz menegaskan, dari penelitian sebelumnya telah disarankan, bahwa memegang dan menghirup minuman hangat meningkatkan perasaan “kehangatan” dan keramahan antarpribadi. Ada efek menenangkan dari menghirup minuman hangat. Terlepas dari rasanya - tetapi bumbu tertentu, seperti lavender dan chamomile, telah terbukti memiliki efek relaksasi sendiri.

2. Coklat Pekat (Dark Chocolate) 

Dark Chocolate atau coklat pekat adalah makanan yang kaya antioksidan. Coklat pekat dalam diet dapat mengurangi stres dengan dua cara, yaitu melalui dampak kimianya dan dampak emosionalnya. Menikmati kesenangan ketika menyantap coklat sudah bisa membantu mengurangi stres, kata Meyerowitz. Cokelat pekat juga dapat membantu mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh.

3. Gandum dan olahannya

Gandum dengan kandungan karbohidratnya bisa membantu meningkatkan suasana hati. Menurut penelitian sebelumnya, karbohidrat dapat secara sementara meningkatkan kadar serotonin, hormon yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Begitu kadar serotonin meningkat, orang-orang yang sedang stress akan memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih baik. Pastikan untuk memilih karbohidrat yang sehat dan tidak dimurnikan, seperti ubi dan gandum, untuk nutrisi yang lebih baik. Batasi karbohidrat dari kue, bolu, dan makanan "putih", termasuk pasta putih dan roti putih

4. Alpukat 

Alpukat menawarkan asam lemak omega-3 yang bisa menjadi penghilang stres. Menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif, kandungan asam esensial yang sehat dalam alpukat dikenal untuk mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan suasana hati.

5. Ikan

Melawan stres dan membantu mencegah penyakit jantung dengan menambahkan makanan laut ke piring Anda. Menurut Harvard Health Blog, ikan berlemak adalah pilihan yang bagus karena mereka menyehatkan jantung, dan omega-3 mereka dapat membantu mengurangi depresi karena nutrisi mudah berinteraksi dengan molekul otak yang berhubungan dengan suasana hati, .

6. Susu Hangat 

Menghirup susu hangat sebelum tidur adalah obat yang diturunkan selama berabad-abad untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik. Menurut SleepAdvisor.org, susu hangat dapat memiliki efek relaksasi pada tubuh dan juga pada level psikologis. Itu sebabnya minum segelas susu hangat sebelum tidur akan menenangkan dan membuat tidur lebih nyenyak.

7. Kacang 

Kacang adalah makanan ringan penghilang stres dan mengandung tinggi lemak sehat. Kacang penuh dengan nutrisi, termasuk vitamin B, bersama dengan asam lemak sehat. Meyerowitz mengatakan vitamin B adalah bagian penting dari diet sehat dan dapat membantu mengurangi stres.

8. Buah Jeruk dan Stroberi 

Kedua buah ini mengandung vitamin C yang bisa membantu melawan stres. Beberapa penelitian menemukan bahwa kadar vitamin C yang tinggi dapat membantu mengurangi tingkat stres. Satu studi double-blind, yang diterbitkan Januari 2015 di Pakistan Journal of Biological Sciences, melaporkan bahwa vitamin C mengurangi tingkat stres pada peserta yang mengonsumsi 500 mg per hari, dan juga menunjukkan kemungkinan pencegahan kecemasan

9. Probiotik 

Cara terbaik untuk mendukung hormon usus yang sehat adalah dengan bakteri baik-untuk-Anda yang disebut probiotik. Menurut Harvard Health Publishing, probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi dari bakteri berbahaya, dan meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Sebuah artikel yang diterbitkan pada bulan Desember 2018 di University Health News mengutip beberapa penelitian yang menemukan kesehatan usus memiliki korelasi langsung dengan peningkatan kecemasan, depresi, dan suasana hati.

10. Makanan Tinggi Serat 

Makanan tinggi serat juga dapat mengurangi stres dan kecemasan. Makanan kaya serat ramah usus dan dapat berperan dalam menurunkan stres. Menurut ulasan yang diterbitkan pada Juli 2018 dalam jurnal Nutritional Neuroscience, diet tinggi serat dapat dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan, depresi, dan stres. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]