Polres Pasaman Gelar Patroli Berskala Besar Cegah Sebaran Corona


Sabtu, 11 April 2020 - 10:59:36 WIB
Polres Pasaman Gelar Patroli Berskala Besar Cegah Sebaran Corona Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya, saat melakukan pengecekan ke ruang kendali salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Lubuksikaping, yang menjadi salah satu target pengamanan jajarannya, Sabtu (11/4). Foto dok Humas Polres Pasaman

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, menggelar kegiatan patroli berskala besar dengan melibatkan seluruh personel satuan yang ada di polres tersebut, Sabtu (11/4/2020).

"Kegiatan ini merupakan rangkaian dari giat Operasi Aman Nusa II yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus pandemi Covid-19, dengan menekankan pada tindakan pelarangan dan pembubaran konsentrasi massa yang menjadi salah satu upaya memutus mata rantai potensi tersebarnya virus tersebut," kata Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman, AKBP Hendri Yahya, di Lubuksikaping.

Menurutnya, sesuai standar protokol kesehatan yang sudah diberlakukan oleh pemerintah untuk seluruh wilayah hukum negara Republik Indonesia, masyarakat diwajibkan untuk tidak melakukan kegiatan apapun dengan berkumpul dalam jumlah banyak.

Dengan kata lain, lanjutnya, selain melakukan imbauan-imbauan melalui giat bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat, jajarannya juga diberi kewenangan secara hukum untuk membubarkan segala bentuk kegiatan keramaian yang dinilai berpotensi menjadi titik penyebaran virus tersebut secara terbuka.

"Untuk operasi ini kami menerjunkan sebanyak 120 orang personel yang juga disiagakan jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan eskalasi gangguan kamtibmas, seperti aksi demo dan konflik yang menjurus pada aksi penjarahan dan tindak pelanggaran hukum lainnya oleh oknum masyarakat," ungkapnya.

Sehingga, tambahnya, tanggung jawab institusi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum melalui penyuluhan, pengayoman serta penegakan hukum, bisa terlaksana baik di wilayah hukum Polres Pasaman.

Pada kesempatan tersebut, ia kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap mematuhi seluruh materi imbauan dan ajakan yang tertuang dalam standar protokol penanganan Covid-19.

"Jangan berkumpul-kumpul, tetap berada dirumah dan lakukan kebiasaam hidup bersih dengan sering-sering mencuci tangan terutama jika akan memasuko rumah agar risiko tertular virus tersebut bisa dieliminasi sekecil mungkin," ajaknya.

Sementara itu, beberapa warga yang melintas di depan Mapolres Pasaman mengaku sangat senang dengan aksi nyata yang sudah dilancarkan jajaran polres setempat.

"Namun diakui tidak seluruhnya warga yang bersedia mematuhi imbauan yang diberikan karena merasa tidak terancam akan terinfeksi virus tersebut karena tidak bepergian keluar daerah," kata salah seorang warga Petok, Kecamatan Panti, Syamsul (54).

Salah seorang warga lainnya, Agus Saputra (31), mengaku merasa terkekang dengan segala bentuk pelarangan yang terjadi saat ini, sehingga menimbulkan tekanan batin akibat beberapa kebiasaan yang selama ini yang awalnya bukan pelanggaran untu aaat sekarang justru bisa berurusan dengan aparat hukum.

"Warung kopi yang menjadi tumpuan hidup kami sekeluarga menjadi sepi pengunjung, sementara solusi dari pemerintah untuk usaha kami yang terimbas pelarangan itu hingga saat ini nyaris tidak ada," sesalnya.

Terkesan, lanjutnya, yang diributkan itu hanya masalah keluhan penanganan pasien dengan alat tidak lengkap serta perantau yang pulang kampung, sementara kelompok keberdayaan ekonomi masyarakat golongan menengah kebawah seakan luput dari perhatian pemerintah daerah.

Pantauan HarianHaluan.com, kegiatan tersebut diawali dengan apel siaga dilanjutkan dengan patroli dengan membagi dua kekuatan masing-masing menuju arah selatan dan utara kota Lubuksikaping.

Selain personel polisi, sejumlah unit kendaraan operasional berbagai satuan dan pasukan kendaraan bermotor urai massa juga turut dilibatkan dalam kegiatan tersebut dibawah kendali kapolres setempat bersama segenap perwira polisi dijajaran Polres Pasaman. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]