Ya Allah, Hasil Riset Sebut Kasus Positif Corona di DKI Capai 32 Ribu, Istana Langsung...


Sabtu, 11 April 2020 - 12:38:19 WIB
Ya Allah, Hasil Riset Sebut Kasus Positif Corona di DKI Capai 32 Ribu, Istana Langsung... Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tenaga Ahli Utama Kepresidenan KSP Dany Amrul Ichdan mewakili pihak Istana merespons hasil riset gabungan ilmuwan yang memperkirakan ada 32 ribu kasus positif virus Corona atau Covid-19 di Jakarta.

Terkait itu, Istana pun meminta riset ini didiskusikan dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. "Agar tidak gaduh opini publik, research yang bertujuan membangun kolaborasi data ini agar dapat dipaparkan detail di dalam Tim Gugus Tugas dan Kementrian Kesehatan," katanya, saat dihubungi, Jumat (10/4/2020).

Lanjutnya, ia mengatakan KSP sendiri akan memfasilitasi para ilmuwan untuk menyampaikan hasil risetnya.

"KSP akan membantu fasilitasi (jika diperlukan), dengan semangat saling membantu program prioritas negara, bergotong royong mencari solusi percepatan terbaik, dan bersinergi mencegah penularan yang lebih besar lagi," ucapnya.

Lebih lanjut, ia meyakini riset berasal dari metedologi yang sudah teruji. Ia juga mempertanyakan mengenai indikator kesehatan tingkat daerah dalam riset ini sudah terukur secara benar atau belum.

"Research yang accountable tentu terdiri atas metodologi ilmiah yang bisa diuji secara empiris, baik teknik pengambilan sampel, alat analisis dan pengolahan data statistik yang harus diadakan 'peer review' dalam scope akademis, dan best practice-nya, dalam hal ini adalah framework-nya public health, apakah indikator variabelnya sudah mendalami trend public health DKI khususnya, daerah episentrum atau belum," katanya. (*)

 Sumber : Warta Ekonomi /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]