BUMN/D Diingatkan Bantu Warga, DPRD: Semen Padang Kemana..?


Sabtu, 11 April 2020 - 13:04:10 WIB
BUMN/D Diingatkan Bantu Warga, DPRD: Semen Padang Kemana..? Anggota DPRD Kota Padang Helmi Moesim

PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang minta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di Kota Padang untuk bantu warga terdampak Covid-19, seperti PT Semen Padang, PDAM, Pelindo, Kantor Pos, Angkasa Pura dan lainnya.

“BUMN dan BUMD ini kami harap untuk membantu warga terdampak Covid-19. Terlebih lagi PT Semen Padang, seharusnya harus tanggap dalam menanggulangi wabah corona ini dengan cara membantu warga yang tidak mampu,” kata Anggota DPRD Kota Padang, Helmi Moesim, Sabtu (11/4).

DPRD Kota Padang juga mengimbau semua pihak yang berkemampuan lebih agar membantu masyarakat guna meringankan beban mereka, terutama karena anjuran tinggal di rumah (stay at home).

Dalam kondisi saat ini, kata Helmi, pendapatan masyarakat mulai berkurang, akibat anjuran berdiam di rumah. Sehingga, perlu dibantu terutama kebutuhan pokok sehari-hari. Kebijakan meminta warga diam di rumah itu, ada konsekuensinya, yakni warga jadi tidak bisa bekerja. "Kami meminta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bahu membahu, mengulurkan bantuan mereka. Bersama -sama bergotong royong, untuk meringankan beban warga Kota Padang,” pintanya.

Khusus untuk pihak Pemerintah Kota Padang, Helmi meminta agar memberi perhatian serius terhadap warga yang saat ini butuh bantuan hidup.

“Hal tersebut perlu dilakukan. Bantuan itu bisa berupa kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, mi instan,” katanya.

Kemudian mengratiskan, hal-hal yang selama ini menjadi beban warga masyarakat, seperti pembayaran rekening air dan sebagainya.

Bantuan pangan untuk warga terdampak pembatasan aktivitas, sebutnya, dari pemerintah daerah bisa mengalokasikan melalui APBD. Bantuan juga bisa diharapkan, dari sejumlah pengusaha.

Senada dengan itu, anggota DPRD Kota Padang Faisal Nasir juga mendesak, BUMN dan BUMD yang beroperasi di Kota Padang bantu warga tidak mampu.

"Yang mampu, agar membantu yang paling kesusahan karena dengan bergotong-royong maka akan terasa ringan," ucapnya. (*)

Reporter : Ade Budi Kurniati / Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]