Cegah Virus Corona Meluas, Ulama Serukan Umat Ikut Anjuran Pemerintah


Sabtu, 11 April 2020 - 19:10:30 WIB
Cegah Virus Corona Meluas, Ulama Serukan Umat Ikut Anjuran Pemerintah ilustrasi covid-19

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Para ulama di Kabupaten Pasaman menyerukan masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dan Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus corona yang kini semakin mewabah di Tanah Air. Menurut Sekretaris BKMT Sumatera Barat, Ustadz Syafrizal, umat Islam harus ikut berperan dalam upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia. 

Hal-hal yang menjadi anjuran pemerintah hendaknya dipatuhi demi kebaikan bersama. "Kami memohon kepada masyarakat agar jangan keluar rumah kecuali penting, serta tidak berkumpul-kumpul dalam jumlah banyak. Mari ikuti anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona yang kian meluas," kata Ketua Umum Da'i Daiyah ini kepada harianhaluan.com, Sabtu (11/4/2020).

Baca Juga : Beribadah Saat Pandemi, Pemkab Agam Imbau Masyarakat Waspada Penyebaran Covid-19

Sebagai tauladan umat, mantan Ketua Baznas Pasaman periode 2016-2020 ini mengakui telah menyetop seluruh kegiatan pengajian yang dipimpinnya hingga situasi wabah virus corona ini berlalu. "Sedangkan jadwal ceramah dalam dan luar daerah, untuk sementara saya ganti dengan dialog online melalui aplikasi Whatsapp," pungkasnya. 

Bila masih ada masyarakat yang bimbang, Ustaz Syafrizal menyarankan sebaiknya mematuhi imbauan pemerintah dan Fatwa MUI. Ia meminta masyarakat tidak menyepelekan virus ini. Karena terbukti sudah banyak korban berjatuhan. "Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap memperkokoh keimanan dan ketaqwaan yang dibarengi dengan ibadah, zikir dan do'a. Semua mari sama-sama kita lakukan di rumah kita masing-masing," pungkasnya.

Baca Juga : Penyaluran BST Kemensos Hari Ketiga, Rp467 Juta Lebih Dikucurkan ke 779 Warga

Untuk pencegahan penyebaran Covid-19, Buya biasa ia disapa bersama anggota keluarganya sudah menerapkan program karantina mandiri. Mulai dengan melaksanakan salat di rumah serta memberikan materi kuliah online, kepada para mahasiswanya di dua perguruan tinggi swasta di Lubuksikaping. "Kita memilih menunaikan ibadah di rumah selama pandemi corona ini. Kepada Mahasiswa  saya di STIH-STIE Yappas dan STAI YDI Lubuksikaping, kita menerapkan kuliah online," tuturnya.

Ia mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat dalam membantu upaya pencegahan penyebaran Covid-19, agar tidak semakin meluas dan mewabah. Hal itu sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menanggulangi penyebaran pandemi virus corona yang terus meningkat kasusnya di Indonesia.

Baca Juga : Pasar Kuliner Padang Panjang Lebih Representatif dengan Tenda Baru

"Selain menjalani anjuran pemerintah, hendaknya kita tetap selalu berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar kita cepat terhindar dari bala dan musibah ini," pungkasnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]