GALERI FOTO: Berikut Peristiwa Populer Sepekan yang Terjadi di Sumatera Barat


Sabtu, 11 April 2020 - 20:37:52 WIB
GALERI FOTO: Berikut Peristiwa Populer Sepekan yang Terjadi di Sumatera Barat Banjir merendam puluhan rumah di Sitanang, Kabupaten Agam Sumatera Barat, Senin (06/04/20) lalu. RAHMAT HIDAYAT / harianhaluan.com

Ini Peristiwa Terpopuler yang Terjadi Sepekan di Sumatera Barat

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masih ingat dengan kejadian Kepala Kampung yang lebam-lebam dihajar warga usai sosialisasi bahaya corona di Pesisir Selatan? Ya, berita itu tidak saja menghebohkan warga, namun juga mendapat perhatian pembaca Harianhaluan.com.

Baca Juga : BPOM Tetap tak Restui Vaksin Nusantara, Ternyata Ini Penyebabnya

Berikut, Harianhaluan.com mengulas kembali peristiwa sepekan terakhir di Sumatera Barat yang ditampilkan berdasarkan pembaca terbanyak:

  • Minggu (05/04/20)

Usai Sosialisasi Corona, Kepala Kampung Lebam-lebam Dianiaya Warga di Pesisir Selatan

Baca Juga : Pekerja Harap Bersabar, Sisa BLT Subsidi Gaji 2020 Masih Tahap Pendataan

Seorang Kepala Kampung di Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di Koto Rawang, Nagari Lakitan Timur, Kecamatan Lengayang dianiaya oleh warganya usai melakukan kegiatan sosialisasi bahaya virus corona pada Jumat (3/4/2020) malam lalu. Akibatnya, Kepala Kampung (Kades, red) tersebut harus mengalami luka lebam di bagian mata dan jarinya terkilir. 

Baca Juga : Ini 7 Fakta di Balik Rencana Reshuflle Kabinet, Posisi Menteri Investasi akan Jadi Rebutan Partai Politik

Wali Nagari Lakitan Timur, Amril di Lengayang, Pesisir Selatan, Sabtu (4/4/2020) kepada wartawan mengatakan, korban ini adalah Kepala Kampung Koto Rawang yang bernama Baktiar Buyung. Teranyar, Baktiar sudah dibawa ke Puskesmas Kambang dan dirawat. Kasus tersebut juga sudah dilaporkan ke pihak kepolisian setempat.... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Baca Juga : Hilangkan Pancasila dan Bahasa Indonesia sebagai Makul Wajib, Ketua MPR: PP 57/2021 Cacat Hukum

Puluhan Hektar Sawah di Pasaman Gagal Panen Akibat Banjir

Puluhan hektar sawah di Jorong Lubuk Hijau, Nagari Langung, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman, terancam gagal panen usai dihantam banjir luapan sungai Batang Asik, Minggu (5/4/2020) dini hari.

Petani setempat harus menelan kerugian hingga ratusan juta akibat tanaman padi berusia tua itu hanyut terbawa derasnya arus air. Ketinggian air rata-rata mencapai satu meter, bahkan lebih... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Puluhan Rumah di Sitanang Agam Terendam Banjir

Puluhan rumah Jorong Gantiang, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam terendam banjir akibat hujan yang terus mengguyur sejak kemarin malam hingga, Minggu pagi (5/4/2020). Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. BPBD Kabupaten Agam mencatat ketinggian air beragam bahkan ada mencapai leher orang dewasa... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

  • Senin (06/04/20)

Petani di Pesisir Selatan Menjerit, Harga Cabai Anjlok!

Para petani dan pedagang cabai di Pesisir Selatan mengeluh akibat anjloknya harga cabai keriting di berbagai pasar tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan berkisar Rp 15 ribu sampai dengan Rp 18 ribu per kg. "Murahnya harga cabai membuat ekonomi kami semakin terpuruk, terutama para petani harus mengalami kerugian yang cukup besar, bahkan hasil panen yang didapat tidak seimbang dengan pendapatan," kata salah seorang petani cabai Kecamatan Bayang Hermawati, Minggu (5/4)... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

23 Batang Kayu Hasil Ilegal Logging Diamankan Polres Pasaman

Jajaran Kepolisian Resort Pasaman, Sumatra Barat berhasil menangkap dua unit truk bermuatan kayu diduga hasil pembalakan liar pada Minggu (5/4/2020). Truk tersebut ditangkap saat melintas di ruas jalan provinsi, tepatnya di kawasan Kuburan Duo Jorong Murni, Kecamatan Panti sekitar pukul 00.30 WIB. 

"Setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat tentang dugaan adanya truk bermuatan kayu hasil pembalakan liar yang diangkut dari wilayah Kecamatan Dua Koto," kata Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya di Lubuksikaping, Senin (6/4/2020)... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

  • Selasa (07/04/20)

PNP Buka Layanan Konseling Bagi Karyawan dan Mahasiswa Terdampak Corona

Politeknik Negeri Padang (PNP) terus berupaya memerangi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Beragam strategi telah dijalankan pendidikan vokasi itu, kali ini perguruan tinggi tersebut membuka layanan konsultasi psikolog bagi karyawan dan mahasiswa yang terdampak virus mematikan ini.

Direktur PNP, Surfa Yondri menyebutkan, bahwa saat ini PNP membuka layanan konsultasi psikolog lewat aplikasi percakapan WhatsApp dalam upaya menyikapi Covid-19. Layanan ini menjangkau seluruh karyawan dan mahasiswa di PNP untuk mengatasi kecemasan terkait Covid-19... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Bank Nagari Bantu Pemprov Rp400 Juta untuk Penanganan Corona

Bank Nagari kembali menyalurkan bantuan untuk penanggulangan wabah COVID-19 sebesar Rp400 juta kepada Pemprov Sumbar. Senin (6/4) kemarin, Plt Dirut Bank Nagari Syafrizal, didampingi Plt Direktur Keuangan M Irsyad, Sekretaris Perusahaan Yasrizal Idrus, Komisaris Utama Hamdani, serta Komisaris Yonrival dan Nazwar Nazir, langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, di Kantor Gubernur.

Hal tersebut diungkapkan Plt Dirut Bank Nagari Syafrizal kepada wartawan, Selasa (7/4). Menurut Syafrizal, bantuan senilai Rp400 juta tersebut berasal dari dana CSR Bank Nagari beserta keluarga besar Bank Nagari. "Kita semua sangat prihatin dengan bencana wabah corona ini. Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban Pemprov yang sangat berat dalam memerangi wabah corona ini," kata Syafrizal... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

  • Rabu (08/04/20)

Bank Syariah Mandiri Bukittinggi Digugat Nasabah Rp750 Juta

Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Bukittinggi digugat nasabahnya Karena telah menghilang surat jaminan berupa SK PNS dan SK CPNS. Doni Satria mengugat Bank Syariah Mandiri karena tidak ada etikat baik dari Bank Syariah Mandiri untuk mengembalikan jaminan SK PNSnya sejak 4 tahun lalu. Diduga jaminan itu, hilang di Kantor Bank Syariah Mandiri Cabang Bukittinggi... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Sedang Hamil 8 Bulan, Warga Bukittinggi Positif Corona Meninggal Dunia

Satu warga Kota Bukittinggi yang dinyatakan  positif covid-19, meninggal dunia  ketika menjalani perwatan di RSUP M. Djamil Padang, Rabu (8/4) pagi sekitar pukul 4.30 WIB. “Satu warga kita yang meninggal itu merupakann pasien wanita yang tengah hamil 8 bulan. Sebelumnya pada Senin (6/4),  yang bersangkutan mengalami kejang-kejang  dan dilarikan ke Rumah Sakit  Yarsi Bukittinggi. Namun karena kondisinya semakin menurun, yang bersangkutan langsung dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang Senin malam” kata  Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatis kepada Wartawan, Rabu (8/4)... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Laka Lantas di Jalinsum Sijunjung, Seorang Remaja Tewas Tergilas Truk

Kecelakaan lalu lintas antara sepda motor dan Truk pengangkut batu bara terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM 170 dari arah Padang, tepatnya di Jorong Batang Tiauh Kenagarian Muaro Takuang Kecamatan Kamang Baru, Rabu (8/4). Akibat kejadian tersebut korban yang merupakan pengendara motor, tewas di lokasi kejadian terlindas truk yang melaju di sebelah kiri korban, sementara satu orang yang berboncengan dengan korban mengalami luka ringan dibagian kepala... (baca selengkapnya di harianhaluan.com}

 

  • Kamis (09/04/20)

5 Ton Beras Dibagikan kepada Siswa Terdampak Corona di Pariaman

Peduli terhadap keluarga siswa yang terdampak ekonominya karena covid 19, jajaran SMP dan SD di Kota Pariaman telah menyalurkan 5 ton beras kepada siswa di daerah. Covid 19 ini telah menyebabkan tersendatnya berbagai aktifitas, baik dunia pendidikan, ekonomi dan sosial. Untuk menyikapi hal tersebut Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, telah menginstruksikan untuk sekolah-sekolah di Kota Pariaman, mulai dari tingkat SD sampai SMP, melakukan pengumpulan donasi dan kegiatan berbagi...(baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Perumda Air Minum Kota Padang Gratiskan Rekening Pelanggan 3 Bulan

Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang berupaya meringankan beban masyarakat dengan menggratiskan pembayaran air minum selama 3 (tiga) bulan berturut-turut, terhitung mulai dari pemakaian April, Mei, dan Juni.

Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal mengatakan, hal ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Padang melalui Perumda tentang pemberian subsidi atau pemakaian air gratis kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 sesuai dengan kategori golongan tarifnya... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

  • Jumat (10/04/20)

Sebuah Truk Tronton Terbakar di Dharmasraya

Satu unit mobil tronton terbakar di Jalan Lintas Sumatera Bukit Berbunga, Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Jumat (10/4/2020) sekitar pukul 12.00 WIB. Mobil yang terbakar tersebut sudah berhasil dipadamkan oleh tim Pemadam Kebakaran yang  biasa siaga di Kantor Camat setempat.

Menurut salah seorang warga, Pentri kepada harianhaluan.com, di sekitar tanjakan tidak jauh dari Kantor Camat Sungai Rumbai, tiba-tiba ada truk tronton warna kuning mengeluarkan asap. Kemudian, terlihat api membesar dari mobil tersebut, bahkan api nyaris membakar warung milik warga sekitar. Melihat api membesar, salah seorang warga cepat menghubungi Pemadam Kebakaran... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Longsor Putus Akses Jalan Malalak – Padang Pariaman

Hujan lebat sejak Kamis kemarin menyebabkan longsor di ruas jalan Bantiang Selatan, Nagari Malalak Barat, Kecamatan Malalak, Jumat (10/4/2020). Akibatnya, jalan penghubung Malalak dan Kabupaten Agam terputus. Material longsor menimbun Badan jalan sepanjang enam meter dan tinggi empat meter. 

Terpantau, kendaraan dari Malalak, Kabupaten Agam menuju Padang Alai, Kabupaten Padang Pariaman tidak bisa lewat. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, M. Luthfi AR, Jumat (10/4/2020) membenarkan curah hujan tinggi melanda Agam menyebabkan longsor di Malalak. Kejadian sekitar pukul 04.00 WIB... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Hanyut Terbawa Arus Sungai, 2 Tubuh Ditemukan Mengapung

Masyarakat Anak Aia Kasiang, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari gempar dengan penemuan dua sosok tubuh yang mengapung di sungai, Jumat (10/4/2020). Warga yang panik menyaksikan dua jenazah itu hanyut di sungai yang keruh, langsung melaporkan penemuan mayat itu pada pihak kepolisian dan BPBD Agam.

Tim BPBD Agam yang mendapatkan laporan langsung bergerak ke lokasi penemuan jenazah dan melakukan evakuasi menggunakan perahu karet. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kabupaten Agam, M Lutfi membenarkan, telah ditemukan dua sosok jenazah di daerah Anak Aia Kasiang...(baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

  • Sabtu (11/04/20)

Bocah 9 Tahun Tewas Terseret Ombak di Pantai Pariaman

Seorang anak berinisial R (9) yang terseret ombak di pantai Pauh atau dekat tiang pembangunan masjid terapung, Kota Pariaman berhasil ditemukan sekitar pukul 22.30 WIB dengan kondisi sudah meninggal.

"Ya korban telah ditemukan sekitar pukul 22.30 WIB. Ditemukan di pinggir pantai, 100 meter ke utara tempat hilangnya," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman Jasman Amin, Jumat (10/4) malam... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

 

Positif Corona di Padang 19 Kasus, Terbanyak di Padang Timur

Kasus positif virus Corona (Covid-19) di Kota Padang menjadi 19 orang sampai Sabtu (11/4/2020). Jumlah terkonfirmasi positif bertambah 1 (satu) orang. Dalam perkembangan terkini di website laman resmi Dinas Kesehatan Kota Padang, https://dinkes.padang.go.id/, jumlah orang yang sembuh dari Corona ada di angka 4 (empat) orang, tersebar di Kecamatan Padang Timur 2 orang, Koto Tangah 1 orang, dan Lubuk Begalung 1 orang... (baca selengkapnya di harianhaluan.com)

***

Reporter : Tim | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]