Cara agar Pasutri Tetap Harmonis Saat Physical Distancing


Ahad, 12 April 2020 - 08:54:30 WIB
Cara agar Pasutri Tetap Harmonis Saat Physical Distancing Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah memberlakukan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (COVID-19). Alhasil penerapan social dan physical distancing wajib dilakukan.

Dalam kondisi tertentu bisa saja pasangan suami-istri juga terpaksa menerapkan physical distancing. Nah saat jaga jarak harus diterapkan guna mencegah corona, terdapat beberapa cara agar hubungan suami-istri tetap harmonis.

Dikutip dari Washingtonian pada (11/4/2020), berikut lima tipsnya. Yuk disimak.

1.Saling memberi waktu untuk sendiri

Pastikan pasangan Anda memiliki waktu untuk diri sendiri guna menghindari stres. Saat sendirian, direkomendasikan untuk melakukan beberapa aktivitas internal supaya hubungan dapat berjalan.

Berdiam untuk merefleksikan diri dapat membantu pasangan menentukan masalah apa yang perlu diperbaiki. Hal ini wajib dilakukan sebelum mereka mulai lepas kendali.

2.Luangkan Waktu

Bukan karena harus menjaga kontak fisik Anda bersikap secara emosional. Luangkanlah setidaknya 10 menit sehari di mana Anda berdua dan saling berbicara satu sama lain.

Dengarkan pasangan Anda dengan sungguh-sungguh, dan luangkan waktu untuknya. Ini sangat penting guna mengidentifikasi apa yang terjadi dalam suatu hubungan.

3.Perjelas Kebutuhan

Biarkan pasangan tahu dengan persis apakah yang mengganggu dan bagaimana mereka bisa memperbaikinya. Izinkan pasangan untuk melakukan hal yang sama tanpa tersinggung.

Lakukan perbincangan selama 30 menit untuk mengetahui hal apa yang dianggap mengganggu. Kemudian, identifikasi masalah yang dapat Anda atasi dalam situasi tersebut.

4.Berikan Hal Positif

Stres dapat memunculkan sisi buruk pada manusia. Suatu pasangan pasti pernah saling membentak dan menimbulkan kekacauan. Sementara pasangan harus melakukan yang terbaik untuk memperlakukan satu sama lain dengan hormat, dengan memperbaiki kondisi.

Perlambat percakapan secara emosional untuk menghindari pertengkaran. Cepatlah untuk memaafkan dan meminta maaf kepada pasangan.

5.Buat Rutinitas Baru

Aktivitas suatu pasangan bisa jadi monoton dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan rutinitas dengan pola baru sebanyak mungkin dapat memberikan kenyamanan dalam waktu yang tidak menentu.

Anda dapat memvisualisasikan setiap peran sebagai seorang individu. Contohnya bangun pagi dan membuat sarapan untuk anak-anak. Anda juga bisa menyelesaikan pekerjaan dan beralih mengurus pasangan.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]