Ini Deretan Pabrik Mobil dan Motor yang 'Tumbang' karena Corona


Ahad, 12 April 2020 - 13:20:33 WIB
Ini Deretan Pabrik Mobil dan Motor yang 'Tumbang' karena Corona Pabrik mobil ditutup sementara imbas virus Corona. Foto: Agung Pambudhy

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Beberapa pabrik kendaraan bermotor di Indonesia ditutup sementara akibat virus Corona (COVID-19). Pabrik mobil dan motor itu dihentikan sementara untuk mencegah penularan virus Corona.

Hingga kini, sudah ada beberapa pabrik mobil dan motor yang mengumumkan untuk tutup sementara. Penutupan pabrik rata-rata memakan waktu dua pekan, tapi ada juga yang hanya satu minggu.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghentikan sementara dua pabrik produksi mereka di Indonesia, yang berdiri di Pulo Gadung dan Karawang sejak 3 April hingga 19 April 2020.

Sedangkan pabrik Suzuki baik motor dan mobil terhitung mulai dari 13-24 April 2020. Penghentian sementara di ketiga lokasi pabrik Suzuki, yaitu di Cakung, Tambun, dan Cikarang.

Langkah yang sama diikuti Honda Prospect Motor, produsen mobil Honda. Aktivitas produksi di pabrik Karawang bakal terhenti sementara selama dua pekan, dimulai pada 13 April 2020 sampai 24 April 2020.

Sementara Wuling mulai menghentikan aktivitas produksi mobilnya lebih cepat, mulai 6 April 2020 hingga 19 April 2020.

Pekan kemarin, ada tiga pabrik otomotif lagi yang diumumkan tutup sementara. Yang pertama adalah pabrik truk dan bus Hino. Hino menyebut dampak dari meluasnya penyebaran COVID-19 menyebabkan perlambatan pasar kendaraan truk dan bus di Indonesia. Pasokan komponen impor juga mengalami gangguan.

Menyikapi kondisi tersebut, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) yang merakit truk dan bus merek Hino melakukan beberapa kebijakan. Pabrik perakitan Hino disetop sementara selama dua pekan. Penutupan pabrik Hino dimulai pada 13 April besok sampai 24 April 2020.

Begitu juga dengan Daihatsu. Mengikuti peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PT Astra Daihatsu Motor memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas produksi mobilnya. Daihatsu menyetop produksi sementara mulai dari 10 April 2020 sampai 17 April 2020. Keputusan pembukaan kembali pabrik Daihatsu akan ditetapkan menyesuaikan kondisi di lapangan untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama ekspor.

Selain menghentikan produksi pabrik Daihatsu, seluruh outlet dan bengkel resmi di Jakarta juga diputuskan untuk tidak beroperasi sementara. Shoroom dan bengkel Daihatsu libur mulai 10 April 2020 sampai 24 April 2020.

Terakhir pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Pabrik mobil merek Jepang itu memutuskan untuk menutup pabrik sementara terhitung mulai 13 April hingga 17 April 2020.

Penutupan pabrik TMMIN selama 5 hari itu mempertimbangkan faktor-faktor seperti mengantisipasi penurunan permintaan dalam negeri dan ekspor, kondisi pasokan komponen, dan kebutuhan utama untuk melindungi karyawan dan pemangku kepentingan, serta upaya dan arahan pemerintah untuk mengatasi wabah COVID-19.

Keputusan pembukaan kembali pabrik Toyota akan ditetapkan menyesuaikan kondisi di lapangan untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan dan ekspor. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]