Antisipasi Corona, Petugas Kebersihan di Sawahlunto Dibekali Masker dan Sarung Tangan


Ahad, 12 April 2020 - 13:48:15 WIB
Antisipasi Corona, Petugas Kebersihan di Sawahlunto Dibekali Masker dan Sarung Tangan Kepala DPKP2LH Sawahlunto bersama petugas kebersihan saat penyerahan APK berupa masker dan sarung tangan antisipasi penyebaran Covid-19. Ist

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Mengantisipasi terpaparnya virus Corona atau Covid-19 dari sampah rumah tangga terutama sampah yang berasal dari rumah orang dalam pemantauan (ODP), petugas kebersihan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto dibekali dengan alat pelindung kerja (APK) berupa masker dan sarung tangan.

"Petugas kebersihan sangat berpotensi terpapar virus Covid 19 karena berhubungan langsung dengan sampah rumah tangga, terutama sampah yang berasal dari rumah ODP. Untuk itu kita bekali mereka dengan APK," kata Kepala DPKP2LH Sawahlunto, Adrius Putra, Minggu (12/4/2020).

Adrius mengungkapkan, meski belum ada warga kota Sawahlunto yang terkonfirmasi positif Covid-19, akan tetapi DPKP2LH tetap waspada.

"Selain kita bagi APK kepada 185 petugas kebersihan yang ada. Juga dilakukan penyemprotan disinfektan ke 9 unit truk dan 22 motor becak motor pengangkut sampah," ujarnya.

Akan tetapi sebut Adrius, APK ini masih sangat kurang. Untuk lebih aman dari penularan virus, pihaknya masih membutuhkan hazmat atau baju pelindung dan sepatu boot. Terkait pengadaan APK yang dibagikan ini Adrius mengatakan, murni sumbangan dari bidang-bidang yang ada di DPKP2LH.

"Meski setiap hari bergelut dengan sampah, kami juga senantiasa mengingatkan kepada semua petugas agar terus menjaga kebersihan diri. Selesai bertugas harus langsung membersihkan diri atau mandi dan ganti pakaian, baru berinteraksi dengan anggota rumah lainnya," katanya. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]