Jalan Nagari Saok Laweh Sudah Banyak Makan Korban, Pemkab Solok Kemana?


Ahad, 12 April 2020 - 15:01:06 WIB
Jalan Nagari Saok Laweh Sudah Banyak Makan Korban, Pemkab Solok Kemana? Jalan Nagari Saok Laweh yang sering memakan korban jiwa. Sudah 2 kali pergantian Walinagari, namun pemerintah setempat masih abai dalam perbaikan jalan tersebut. Foto: Alfian

SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah lubang di ruas jalan nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, persis disamping kantor Walinagari Saok Laweh sudah sering memakan korban. Namun belum ada keinginan untuk memperbaiki.

Dari pantauan Harianhaluan.com yang kebetulan melewati ruas jalan Kabupaten Solok itu Minggu( 12/4/2020) terlihat, lubang dengan kedalaman lebih kurang 1 meter itu muncul akibat terbannya tanah pada pinggir jalan. Tanah yang labil kemudian diperparah oleh rembesan air hujan karena gorong-gorong yang ada dilokasi itu tidak berfungsi.

Jika hujan turun, air menggenangi badan jalan, kemudian mengalir kearah lubang yang ada dipinggir jalan itu, bahkan pinggir jalan sudah mulai terkikis oleh air yang pada giliran muncul lubang di lokasi itu.

Beberapa orang pemuka masyarakat yang ditemui Harianaluan.com di lokasi menyebutkan, lubang yang menganga disamping kantor Walinagari Saok Laweh itu sudah cukup lama. Bahkan sudah 2 kali pergantian walinagari belum juga diperbaiki.

"Saya sudah sampaikan pada walijorong agar bisa membenahi lubang yang ada di pinggir jalan samping kantor walinagari itu karena sudah sering kali memakan korban," ujar Uwo pada Harianhaluan.com.

Namun tidak ada realisasinya. Padahal jalan lingkar Saok Laweh-Gaung Kecamatan Kubung itu cukup ramai dilewati kendaraan, terutama sepeda motor, jika pengendara dari arah Gaung sering terjebak pada lubang itu karena sering mengambil posisi bagian kiri, apalagi berada ditikungan.

"Dalam catatan saya sudah ada 10 orang pengendara yang terjungkal masuk lobang itu, ada yang luka lebam, terkilir dan harus dirawat di rumah sakit," papar Uwo menceritakan. (*)

Reporter : Alfian | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]