Waspada! Hujan Deras Mulai Rendam Rumah dan Sawah di Solsel


Ahad, 12 April 2020 - 18:25:24 WIB
Waspada! Hujan Deras Mulai Rendam Rumah dan Sawah di Solsel Anggota DPRD Solsel Wahyu Hidayat ikut goro membersihkan aliran sungai yang tersumbat. 

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang mengguyur wilayah Solok Selatan (Solsel) dan sekitarnya hanya berlangsung sekitar satu setengah jam namun luapan air telah merendam areal persawahan dan rumah penduduk di Jorong Mudiak Lolo Timur, Nagari Sako Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Solsel, pada Minggu (12/4/2020).

Kepala Jorong Mudiak Lolo Timur, Zuldani pada Harianhaluan.com mengatakan, hujan deras hanya berlangsung sekitar satu setengah jam, yakni mulai sekitar pukul 15.00 WIB - 16.30 WIB. 

"Namun sekarang sudah mulai surut. Tetapi, air telah merendam sekitar 5 hektare sawah dan puluhan rumah warga di Jorong Mudiak Lolo Timur," kata Zuldani.

Menurutnya, air meluap dari aliran sungai Batang Sipotu karena telah mengalami pendangkalan, sehingga jika hujan mengguyur sebentar saja selalu merendam rumah dan persawahan warga. "Wilayah kami ini sudah langganan banjir karena air sungai selalu meluap," katanya.

Zulnedi, menyebutkan rumah warga yang terdampak parah banjir sekitar 30 unit rumah dan jika ditotal secara keseluruhan ada ratusan rumah, namun tidak terdampak parah. "Tadi ada air yang merendam rumah warga sekitar satu meter dan ada juga yang merendam dengan ketinggian lutut orang dewasa," sebutnya lagi.

Di Jorong itu, imbuhnya ada sekitar 163 Kepala Keluarga (KK) dan 145 unit rumah yang terdampak jika hujan melanda disebabkan pendangkalan sungai Batang Sipotu. "Padahal sekitar 9 bulan lalu telah dinormalisasi namun cepat pula dangkal," ujarnya.

Pihaknya berharap, segera normalisasi dan dilakukan pengedaman sungai, supaya daerah itu tidak menjadi langganan banjir. 

"Kami mengimbau untuk warga menyelamatkan diri dan surat berharga serta memutus aliran listrik. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah surut airnya," sebutnya.

Terpisah, Anggota DPRD Solsel, Wahyu Hidayat, S.kep yang ikut goro bersama warga sekitar menyebutkan kondisi Sungai Batang Sipotu tersebut nyaris sama tinggi dengan badan jalan. Sehingga, jika hujan sebentar saja akan merendam badan jalan dan memasuki rumah warga.

"Tadi saya sudah komunikasi dengan pihak BPBD. Untuk rehabilitasi atau normalisasi sungai pihak nagari diminta ajukan proposal guna dilakukan normalisasi sungai," kata Wahyu. (h/jef)

Reporter : Jefli /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]