Nol Kematian Gegara Covid-19 di Vietnam, Apa Rahasianya?


Ahad, 12 April 2020 - 19:35:09 WIB
Nol Kematian Gegara Covid-19 di Vietnam, Apa Rahasianya? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sampai dengan Minggu (12/4/2020), Vietnam belum melaporkan satupun kasus kematian akibat Covid-19. Seperti dilansir laman worldometers, ada sebanyak 258 kasus konfirmasi positif di Vietnam.

Dari jumlah itu, sebanyak 144 orang sembuh. Sementara 114 lainnya dalam perawatan dan 8 lainnya dalam situasi kritis.

Baca Juga : Milisi Etnis Serang Polisi Myanmar, 10 Orang Dilaporkan Tewas

Lalu, apa rahasia Vietnam dalam mengatasi penyebaran Covid-19? Seperti dikutip detik health, Minggu (12/4/2020), ada empat kiat sukses Vietnam.

Pertama, tindakan cepat
Pada 1 Februari, Vietnam memulai serangkaian inisiatif untuk mengatasi penyebaran virus corona baru penyebab Covid-19, yaitu dengan menangguhkan semua penerbangan ke dan dari China. Mereka juga memutuskan untuk menutup sekolah-sekolah setelah liburan tahun baru Imlek.

Baca Juga : Xi Jinping Hukum Perusahaan Jack Ma Rp 41 T, Ternyata Ini Alasannya

Kedua, karantina 21 hari
Dua minggu setelah ditetapkannya pemberhentian penerbangan dari dan ke China, karantina 21 hari diberlakukan di provinsi Vinh Phuc, utara Hanoi. Keputusan itu dipicu kekhawatiran terhadap status kesehatan pekerja migran yang kembali dari Wuhan, China, tempat virus corona pertama kali mewabah.

Ketiga, physical distancing
Penerapan kebijakan itu pun diberlakukan hingga akhir April. Jarak fisik yang mereka lakukan bukan dengan memberhentikan aktivitas perdagangan atau layanan penting, melainkan membatasi masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Baca Juga : Kenapa Xi Jinping Setop Pendaftaran Sekolah Bisnis Jack Ma?

Keempat, protokol kesehatan Vietnam
Perwakilan WHO di Vietnam Dr Kidong Park menghubungkan keberhasilan Vietnam mencegah penyebaran virus corona dengan langkah proaktif dan konsistensi pemerintah. Petugas kesehatan Vietnam membuat protokol untuk menilai infeksi dan tingkat keparahan:

- Dokter diharuskan mengobati gejalanya, seperti demam
- Pasien menjalani diet ketat dan bergizi
- Memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien

Baca Juga : Daftar 10 Orang Terkaya di AS, Jeff Bezos Vs Elon Musk Bersaing Ketat

Catatan nol kematian itu membuat operasional penerbangan domestik di Vietnam akan segera kembali dibuka. Salah satunya adalah maskapai Bamboo Airways.

"Rute Hanoi-Ho Chi Minh City akan kembali beroperasi mulai 16 April, sedangkan rute-rute lainnya akan kembali beroperasi mulai 20 April," demikian pernyataan Bamboo Airways seperti dilansir Reuters, kemarin. (*)
 

Editor : Heldi Satria | Sumber : CNBC Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]